Pelaku UMKM Diharapkan Bisa Menambah Nilai Produk Lewat Narasi, Melalui Pelatihan Konten Digital

Pelaku UMKM Diharapkan Bisa Menambah Nilai Produk Lewat Narasi, Melalui Pelatihan Konten Digital

Pelaku UMKM Diharapkan Bisa Menambah Nilai Produk Lewat Narasi, Melalui Pelatihan Konten Digital, Bersama Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), melanjutkan kembali rangkaian pelatihan konten digital diPLUT KUMKM (Pusat Pelayanan Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Edukasi konten digital yang diselenggarakan di PLUT NTB ini dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi UKM . Pelatihan konten digital berlangsung di empat kota: Kendal, Medan, Nusa Tenggara Barat, dan Ternate (Maluku Utara).

Materi pelatihan penulisan naratif dan deskripsi produk diberikan oleh Bambang Priyo Jatmiko, Editor Desk UMKM Kompas, dan materi Digital Branding dan Content Marketing diberikan oleh Luthfi Kurniawan, sebagai Assistant Content Marketing Director, KG Media.

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis KemenKopUKM,Irwansyah Putra mengatakan, pelatihan konten digital bersama ini merupakan seri yang ketiga. Irwansyah mengatakan, para pelaku UMKM sangat antusias mengikuti pelatihan konten digital.

Dalam wawancaranya, Irwansyah mengatakan, ”Antusiasme peserta pelatihan ini sangat besar. Ada yang mengikuti secara online dan offline di rumah UMKM PLUT NTB.”

Irwansyah berharap pelaku UMKM dari NTB dan Luar NTB dapat menulis dengan baik setelah mengikuti pelatihan ini. Tulisan yang baik dapat membantu usaha kecil menunjukkan nilai produk mereka dan meningkatkan nilai jual mereka.

Irwansyah mengatakan penggunaan narasi bisa dicoba oleh pemilik UMKM. Melalui narasi, mereka dapat merasakan Promosi Bisnis tanpa menyadarinya.

Irwansyah menambahkan, “Menggunakan narasi yang umumnya diambil dari kisah nyata atau apapun yang berhubungan dengan emosi manusia membantu membangun loyalitas konsumen terhadap suatu produk.”

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nusa Tenggara Barat Ahmad Masiuri mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan edukasi konten digital yang diselenggarakan dan KemenKopUKM. Ia berharap UMKM NTB termotivasi dengan pelatihan konten digital.

Secara bersamaan Masyhuri mengatakan “Ke depannya, pelatihan ini bisa menjadi salah satu cara untuk menambah nilai produk”

Kolaborasi KemenKopUKM dan Kompas ini mengajak dan menjelaskan penulisan narasi produk bagi pelaku UMKM serta memberikan pelatihan keterampilan menulis dan membuat konten di media sosial.

Dengan dukungan KUMKM PLUT dan , pelatihan telah diberikan kepada lebih dari 200 pelaku di sektor UKM. Sebanyak 200 perwakilan UMKM berasal dari 74 PLUT yang tersebar di seluruh Indonesia.