10 Tips Bagaimana Berburu Kerja Seperti Pro!

10 Tips Bagaimana Mencari Pekerjaan Seperti Pro!

10 Tips Bagaimana Mencari Pekerjaan Seperti Pro! – Menjadi pengangguran adalah pengalaman yang harus dilalui oleh sebagian besar orang dalam perjalanan mereka menuju karir untuk diri mereka sendiri. Meskipun tidak dapat dihindari ,   prosesnya sendiri mungkin tidak begitu menyenangkan terutama jika berlangsung dalam waktu yang lama. Hal ini mempengaruhi individu yang menganggur tidak hanya dalam hal pendapatan tetapi juga dalam hal kesehatan dan kematian. Semakin lama pengangguran berlangsung, semakin parah efek kesehatannya, termasuk depresi. Pengangguran juga menemukan diri mereka kehilangan teman serta harga diri mereka sendiri dan semakin lama semakin sulit bagi mereka untuk menemukan pekerjaan lagi yang sebagian disebabkan oleh hilangnya keterampilan dari waktu ke waktu. Beberapa orang memilih untuk menganggur secara sukarela karena mereka telah menabung cukup banyak uang yang memungkinkan mereka untuk berhenti dari pekerjaan mereka yang tidak memuaskan dan hidup nyaman sambil mencari pekerjaan baru. Sementara yang lain terpaksa menjadi pengangguran karena keadaan seperti kemajuan teknologi yang menggantikan tenaga kerja manusia dan kekurangan permintaan di pasar di mana ada lebih sedikit pekerjaan yang tersedia.

Lulusan baru dari sekolah yang baru ingin memasuki dunia kerja, serta orang-orang yang ingin kembali memasuki dunia kerja setelah keluar akhirnya menghadapi kesengsaraan pengangguran. Kecuali jika Anda adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung yang bekerja di karier dengan permintaan tinggi, mencari pekerjaan baru dapat menjadi pengalaman yang menantang dan membuat frustrasi. Saat mencari pekerjaan, Anda biasanya mendapatkan banyak saran tentang apa yang harus dilakukan, tetapi sayangnya sebagian besar tidak efektif. Yah, tidak mengherankan karena mencari pekerjaan bukan hanya tentang melamar pekerjaan dan berharap untuk dipanggil untuk wawancara lagi. Hanya sedikit orang yang dapat dengan mudah memasukkan lamaran, mendapatkan wawancara, dan mendapatkan pekerjaan di pasar kerja yang didorong oleh jaringan dan kompetitif saat ini. Pencari kerja yang paling sukses menggunakan berbagai strategi, mulai dari membangun kehadiran sosial hingga menargetkan perusahaan, untuk membantu mereka menonjol dari yang lain.

Di sini, kebijaksanaan praktis memberi Anda strategi efektif yang dapat Anda terapkan untuk memungkinkan Anda mencari pekerjaan seperti seorang profesional.

1. Sesuaikan resume dan surat lamaran Anda Resume Anda adalah senjata utama untuk berburu pekerjaan Anda. Penting untuk meluangkan waktu Anda dan menulis resume dan surat lamaran yang ringkas. Resume digunakan untuk memberikan kesan yang baik pada calon pemberi kerja dan sering kali merupakan kesan pertama yang dimiliki calon pemberi kerja terhadap Anda. Tanpa kesan awal yang baik, calon pemberi kerja kemungkinan akan berhenti mempertimbangkan Anda sebagai kandidat yang cocok untuk pekerjaan yang ditawarkan dan beralih ke kandidat lain yang telah memberikan resume yang lebih baik.

Saat membuat resume Anda, tujuan untuk membuat resume yang ditargetkan atau resume berorientasi pencapaian yang menyoroti pencapaian Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Mintalah teman, anggota keluarga, rekan kerja, konselor karir, atau profesional lainnya untuk mengoreksi resume dan surat lamaran Anda jika ada kesalahan, serta memberikan saran. Ini akan menyelamatkan Anda dari kesalahan format atau tata bahasa yang mungkin tidak Anda sadari. Anda juga harus merujuk ke resume template online atau bahkan pembuat resume yang akan membantu Anda menyesuaikan resume Anda .

2. Ketahui tujuan karir Anda Mulailah dengan mengidentifikasi jenis karir yang Anda inginkan. Jelaskan dengan jelas apa yang Anda inginkan, mengapa Anda menginginkannya, dan apa yang membuat Anda memenuhi syarat. Hal ini sangat penting bagi orang yang baru pertama kali memasuki dunia kerja atau mereka yang berganti karier.

Pastikan Anda memiliki tujuan realistis yang jelas, rencanakan cara Anda ingin mencapainya, dan catat apa yang membuat Anda memenuhi syarat untuk jalur karier tersebut. Semakin baik Anda mengenal diri sendiri ,   semakin besar kemungkinan Anda untuk menemukan pekerjaan baru yang memberi Anda kepuasan yang lebih besar.

3. Buat rencana Berburu pekerjaan adalah pekerjaan penuh waktu itu sendiri. Faktanya, para ahli memperkirakan bahwa pencari kerja yang bekerja harus menghabiskan setidaknya 15 jam seminggu untuk kegiatan pencarian kerja mereka dan pencari kerja yang menganggur harus mendedikasikan dua kali lipat jumlah waktu tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur diri sendiri dan jadwal Anda untuk mencari pekerjaan. Identifikasi poin-poin penting seperti kerangka waktu ideal Anda untuk mencari pekerjaan baru, jenis perusahaan apa yang Anda inginkan untuk bekerja dan kapan Anda akan melakukan pencarian pekerjaan.

4. Cari pekerjaan yang tepat Setelah Anda mengidentifikasi tujuan karir Anda, Anda harus mencari lowongan pekerjaan yang disesuaikan dengan minat Anda dan menggunakan mesin pencari pekerjaan untuk mencari pekerjaan dengan menggunakan kata kunci yang cocok. Dengan melakukan ini, Anda mempersempit rentang kriteria penelusuran yang akan menghemat waktu Anda. Daripada  membatasi diri Anda pada penelusuran online manual ,   manfaatkan semua opsi penelusuran pekerjaan termasuk menjangkau perusahaan atau mempekerjakan manajer secara langsung, menghadiri pameran karier, menelusuri media sosial, atau menggunakan layanan konseling karier.

5. Teliti perusahaan target Anda Saat Anda menemukan lowongan pekerjaan yang Anda minati, tindak lanjuti dengan meneliti perusahaan perekrut sebelum Anda melamar. Meneliti perusahaan perekrutan akan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah Anda ingin bekerja dengan mereka karena akan memberi Anda informasi tentang budaya perusahaan mereka, tunjangan dan kisaran gaji, produk dan layanan, lingkungan kerja, dan banyak lagi. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan menyesuaikan resume dan surat lamaran Anda untuk memenuhi tuntutan posisi yang ditawarkan.

6. Menggunakan jaringan Anda Jaringan adalah tentang membangun dan memelihara hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan  dengan orang-orang yang Anda temui. Jaringan kontak yang besar dan kuat menghasilkan lebih banyak peluang kerja. Jaringan – secara langsung dan online – sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam pencarian kerja. Berapa pun usianya, ini masih merupakan cara paling menonjol yang digunakan orang untuk mencari pekerjaan. Faktanya, para ahli setuju bahwa orang yang paling terhubung sering kali menjadi  yang paling sukses.

Rujukan karyawan yang tepat dapat meningkatkan peluang Anda sepuluh kali lipat untuk mendapatkan pekerjaan. Dan, jika Anda ingin membuat perubahan karier, jaringan profesional Anda dapat mendukung Anda dengan membantu Anda menemukan koneksi di industri yang Anda coba masuki atau membantu Anda menemukan prospek pekerjaan di perusahaan tertentu. Anda juga dapat bergabung dengan Grup LinkedIn yang memungkinkan Anda memiliki akses ke daftar pekerjaan yang diposting untuk anggota Grup.

7. Melamar dengan percaya diri Kebanyakan pencari kerja biasanya meremehkan nilai mereka dan cenderung tidak yakin dengan nilai yang dapat mereka bawa ke organisasi. Manajer perekrutan biasanya mencari orang yang akan segera diterapkan untuk melakukan pekerjaan dan biasanya tugas yang perlu Anda selesaikan secara rutin dipelajari atau disempurnakan di tempat kerja. Jika Anda memenuhi sebagian besar kualifikasi untuk pekerjaan yang Anda minati dan yakin Anda dapat mempelajari sisanya dengan cepat, lamar pekerjaan itu, tetapi pastikan resume Anda menunjukkan kesuksesan masa lalu Anda dalam mempelajari keterampilan baru.

8. Coba wawancara informasional Wawancara informasional mengacu pada percakapan santai antara pelamar kerja dan seseorang yang bekerja di perusahaan yang mereka inginkan.

Ini biasanya merupakan hasil dari peluang jaringan yang sukses, memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan tertentu dari seseorang yang sudah bekerja di industri tersebut. Wawancara  informasional memberikan informasi yang juga dapat membantu Anda menentukan peluang apa yang tersedia. Ini mungkin percakapan biasa, tetapi jika Anda menanganinya dengan benar, Anda mungkin selangkah lebih dekat ke pekerjaan yang Anda inginkan. Langkah pertama adalah menjangkau   seseorang yang sudah Anda kenal. Sedemikian rupa, lebih mudah untuk menyiapkan wawancara karena kedua belah pihak sudah saling mengenal. Daripada ‘ penjualan keras’ dari ‘Saya sedang mencari pekerjaan, apakah Anda tahu   sesuatu,’ pertemuan informasi ini mengambil pendekatan ‘penjualan lunak’ untuk meminta informasi dan bagi mereka untuk berbagi cerita saat Anda mendapatkan saran untuk pencarian pekerjaan dan perjalanan karir Anda.

9. Sukses Wawancara Sebuah wawancara kerja, tentu saja, adalah apa yang akan atau tidak akan memberi Anda tawaran pekerjaan . Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri dengan baik. Sebelum wawancara, kembangkan respons untuk pertanyaan wawancara umum, lalu praktikkan — idealnya menggunakan teknik wawancara tiruan dengan teman, kontak jaringan, atau pelatih wawancara. Semakin Anda siap untuk wawancara , semakin nyaman Anda – dan semakin besar kemungkinan Anda akan berhasil.

Berpakaianlah dengan rapi pada hari yang sebenarnya dan buat pewawancara terkesima dengan keterampilan, pengalaman, kepercayaan diri,  , dan keahlian Anda. Sebaiknya Anda juga menindaklanjuti setelah wawancara dengan ucapan terima kasih. Gunakan ucapan terima kasih Anda sebagai kesempatan untuk menekankan mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut. Jika Anda salah menjawab selama wawancara, Anda juga dapat menggunakan catatan terima kasih untuk mengklarifikasi.

10. Lanjutkan menindaklanjuti dengan manajer perekrutan Saat Anda terpilih untuk wawancara kerja, itu berarti Anda adalah pesaing serius untuk pekerjaan itu. Itulah mengapa penting untuk meluangkan waktu untuk menindaklanjuti setiap wawancara kerja, termasuk wawancara langsung dan telepon , serta wawancara kedua. Jika memungkinkan, kumpulkan kartu nama dari semua orang yang Anda temui selama wawancara. Dengan begitu, Anda akan memiliki informasi kontak orang . Dalam email atau surat tindak lanjut, promosikan pencalonan Anda, beri tahu pewawancara mengapa Anda memenuhi syarat, apa yang Anda lupa katakan dan sertakan informasi kontak Anda untuk memudahkan pewawancara menghubungi kembali dengan menyertakan nomor telepon dan alamat email Anda . No. 11 Bersabarlah dalam pencarian Anda Pencarian pekerjaan mungkin memakan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan. Bahkan setelah Anda melakukan wawancara, hasilnya akan memakan waktu sebelum Anda mendapatkannya dan Glassdoor melaporkan bahwa pekerjaan dengan proses wawancara tercepat adalah pelayan dalam 8 hari, sedangkan yang paling lambat adalah profesor dalam 60,3 hari. Oleh karena itu, kesabaran sangat penting dalam proses panjang pencarian pekerjaan. Pahami bahwa ini adalah proses dan saat Anda  mencari pekerjaan, ambil buku catatan, dan lacak   semua yang Anda lakukan.

Itu tidak harus sangat mendetail, tetapi menyimpan beberapa jenis catatan akan membantu Anda tetap termotivasi. Menghargai diri sendiri juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan motivasi. Saat Anda melacak aktivitas mencari pekerjaan, Anda dapat menetapkan tonggak pencapaian kecil untuk membuat hadiah. Meskipun mencari pekerjaan itu penting, itu tidak dapat menjadi fokus Anda 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Anda akan menjadi gila jika melakukannya. Anda perlu menemukan cara untuk mengisi ulang baterai mental, fisik, dan emosional  Anda . Mungkin Anda dapat memilih waktu tertentu setiap hari untuk menyelesaikan berburu pekerjaan Anda dan menjalani hidup seperti biasanya. Duduk, menonton televisi, dan bersantai. Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk bersantai dan bersenang-senang. Nah, sekian untuk video hari ini. Saya harap Anda menemukan nilai di dalamnya, tinggalkan pendapat Anda   di bawah dan jika Anda memiliki saran untuk video berikutnya, komentar di bawah. Berikan jempol Anda pada video ini, bagikan dengan satu atau dua teman, dan pastikan Anda berlangganan untuk konten yang lebih berharga. Oleh karena itu, terima kasih telah menonton dan sampai jumpa di yang berikutnya.