Kenali Keahlian Anda dan Dapatkan Pekerjaan Baru

Kenali Keahlian Anda dan Dapatkan Pekerjaan Baru

Kenali Keahlian Anda dan Dapatkan Pekerjaan Baru – Idealnya, saat melamar pekerjaan, Anda harus mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda dan bersiap untuk mengatasinya. Mengetahui kekuatan Anda membuat Anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Tapi jangan terlalu percaya diri, ini adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pencari kerja. Jika Anda terlalu percaya diri atau sepertinya tahu segalanya, pewawancara hanya akan mengklasifikasikan Anda sebagai tidak layak untuk pekerjaan itu.

Tentukan keterampilan Anda

Atau tidak. Anda perlu menentukan keahlian Anda. Ini adalah tiket Anda untuk mendapatkan pekerjaan dan Anda harus dapat memaksimalkan kemampuan dan kemampuan Anda. Banyak orang merasa sulit untuk mengomunikasikan keterampilan dan kemampuan mereka karena mereka dapat terlihat pamer. Tetapi Anda tidak perlu malu atau takut untuk mendiskusikan keahlian Anda. Faktanya, penting untuk memberi tahu calon pemberi kerja tentang bakat Anda. Anda harus bisa menjual keahlian Anda kepada majikan. Ini adalah cara untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Penting untuk tidak terlihat sombong atau menghina, tetapi Anda juga harus menghindari menjual diri sendiri. Jika pewawancara bertanya tentang kekuatan Anda dan bagaimana Anda berbeda dari pelamar lain, Anda harus dapat dengan mudah memberikan jawaban yang baik. Tetapi sebelum kita masuk ke bagian wawancara, kita perlu menyoroti keterampilan dan bakat yang dapat dilihat oleh calon pemberi kerja di resume mereka.

tipe keterampilan

Ada dua jenis keterampilan utama: keterampilan keras dan keterampilan lunak. Keterampilan keras adalah apa yang Anda sukai, seperti mengetahui cara mengoperasikan berbagai jenis mesin, pengetahuan tentang program komputer khusus, kemampuan mengetik dengan cepat, keterampilan dalam menggunakan berbagai jenis alat, kualifikasi kerajinan khusus, dll. Ini dia. Soft skill pada dasarnya adalah keterampilan abstrak, seperti kualitas pribadi. Ini mungkin termasuk: menjadi pemain tim yang baik, memiliki kemampuan untuk bekerja sendiri, termotivasi, terorganisir dan tegas.

Prosedur yang harus diikuti

Daftar pekerjaan Anda sebelumnya dan pengalaman yang diperoleh

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar semua perusahaan tempat Anda bekerja dan apa yang Anda pelajari dari pekerjaan ini. Ada banyak hal yang harus dicatat, dan Anda harus berhati-hati untuk tidak melupakan hal-hal kecil atau kegiatan yang Anda ikuti atau atur. Kami juga mendorong Anda untuk membuat daftar kegiatan sukarela yang Anda ikuti.

Sertakan daftar hobi

Ini mungkin tampak sepele pada awalnya, tetapi daftar semua hobi juga sangat berguna. Ada banyak kemampuan yang dapat dikumpulkan oleh calon pemberi kerja dari daftar hobi Anda. Ini juga akan memberi Anda gambaran tentang kepribadian Anda. Misalnya, jika Anda adalah bagian dari tim debat sekolah, atasan Anda mungkin menyimpulkan bahwa Anda memiliki kemampuan analisis yang baik. Jika Anda seorang pemain catur juara, atasan Anda memiliki kesan bahwa Anda pandai membuat keputusan penting. Pikirkan tentang kehidupan sehari-hari Anda, dan apa yang Anda lakukan, yang sering Anda anggap remeh. Apakah Anda orang yang terorganisir yang selalu menjaga barang-barang Anda dalam urutan yang benar? Apakah Anda seorang ekstrovert yang dapat berteman dengan mudah dalam hitungan menit? Ini mungkin tampak biasa-biasa saja bagi Anda, tetapi calon bos Anda mungkin berpikir tidak demikian.

Pilih profesi yang Anda inginkan

Setelah Anda membuat daftar semua keahlian Anda dan apa yang Anda kuasai, Anda dapat memutuskan bidang atau profesi mana yang ingin Anda pekerjakan. Pilih keterampilan yang ada dari daftar untuk mencocokkan pekerjaan yang Anda cari. Selalu luangkan waktu untuk memikirkan apakah keterampilan Anda berhubungan dengan pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Jika Anda perlu menghapus beberapa keterampilan dari daftar, jangan khawatir. Penting juga untuk memasukkannya ke dalam daftar keterampilan yang dapat dievaluasi oleh calon pemberi kerja.

Dukung apa yang Anda tulis

Anda harus realistis tentang keterampilan Anda dan tingkat pengalaman Anda dengan mereka. Misalnya, jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang sangat terorganisir, Anda dapat menunjukkannya kepada pewawancara dengan mengatur pemikiran Anda dan memanfaatkan waktu yang dialokasikan untuk wawancara secara efektif.

Penting untuk mengetahui keterampilan Anda setiap kali Anda mencari pekerjaan. Semoga selalu beruntung!