Praktisi Komunikasi Memberikan Tips Kepada Pelaku UMKM Di Malang Tentang Kewirausahaan

Praktisi Komunikasi Memberikan Tips Kepada Pelaku UMKM Di Malang Tentang Kewirausahaan

Praktisi Komunikasi Memberikan Tips Kepada Pelaku UMKM Di Malang Tentang Kewirausahaan – Selasa (20 September 2022) Beberapa pelaku UMKM mengikuti kegiatan akhir pekan bisnis di gedung UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Kota Malang.

Dalam kegiatan itu, ada beberapa materi kewirausahaan yang disampaikan oleh para Narasumber.

Materi yang disajikan meliputi Pola Pikir Bisnis, Manajemen Keuangan Perusahaan, Manajemen Pemasaran Digital, dan Optimalisasi Pasar.

Salah satu Nrasumber adalah praktisi komunikasi dari Malang yang juga merupakan CEO Ngalup.co Andina Paramitha.

Dikatakannya, menjadi wirausaha tidak hanya sekedar kegiatan menjual produk. Namun untuk menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan, Anda membutuhkan sebuah pola pikir.

Menurutnya, pelaku usaha harus sederhana, new oriented, serta mampu membaca dan menangkap peluang yang ada.

Kewirausahaan menuntut wirausahawan untuk berinovasi menciptakan peluang yang menguntungkan dalam usahanya.

Pada Selasa (20/9/2022). Andin sapaan akrabnya mengatakan “Sehingga tidak hanya jualan produk saja, tapi bagaimana kemampuan pengusaha harus diasah dengan berpikir secara analitik sehingga seperti halnya rencana usaha dan mental yang siap harus dimiliki. Kondisi ini belum semua pelaku UMKM menjalani.”

Andin mengatakan bahwa sebagai pengusaha, Anda tidak harus puas dengan apa yang Anda lakukan. Prinsip maju, lebih baik hari ini dari kemarin, adalah pola pikir yang harus diamalkan.

selain itu juga, berada di zona nyaaman yang berlebihan, kepuasan diri, atau kenyamanan sehubungan dengan pencapaian saat ini adalah musuh serius bagi para pelaku usaha.

“Bersyukur boleh-boleh saja tetapi inovasi usaha harus terus ada. Karena kompetitor terus ada, kalau seorang pengusaha terlalu nyaman akan tidak ada jaminan bahwa kondisi usahanya dapat bertahan selamanya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Andin juga mengungkapkan pentingnya brand activation yang dimiliki oleh seorang Pengusaha. Pada dasarnya, brand activation adalah promosi merek dalam produk komersial agar cepat dikenal oleh banyak orang.

Tujuannya adalah untuk membawa pelanggan lebih dekat dengan merek Anda. Menurutnya, pelaku komersial harus bisa membimbing konsumen melalui interaksi merek agar masyarakat bisa belajar tentang produk kekinian.

Selain itu, minat konsumen terhadap produk yang sudah ada diharapkan meningkat. Brand activation melalui pengelolaan konten yang konsisten di media sosial.

“Saat ini konten menjadi hal yang wajib untuk konsisten dibuat. Ini mempengaruhi eksistensi dari brand produk usaha. Brand activation secara tidak langsung akan membentuk jejaring yang penting,” ungkapnya.