5 Tips Memulai Bisnis Jasa Fotografi Tanpa Modal!

5 Tips Memulai Bisnis Jasa Fotografi Tanpa Modal!

5 Tips Memulai Bisnis Jasa Fotografi Tanpa Modal! – Bisnis jasa foto menjadi bidang yang diminati, terutama di kalangan anak muda. Pekerjaan sebagai fotografer dapat dianggap sebagai penghasilan sampingan berdasarkan hobi.

Tidak banyak orang yang menjadikan fotografi sebagai profesi utama mereka. Jika Anda memiliki hobi ini dan ingin membuka jasa sewa fotografer tetangga, Anda tidak perlu takut bagaimana memulainya.

Berikut beberapa tips kunci untuk pemula dalam layanan foto yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bisnis fotografi tidak selalu membutuhkan modal

Bagaimana bisa? Jika Anda hobi dan ahli fotografi, tetapi tidak memiliki alat, jangan ragu untuk mendaftar ke klien prabayar. Uang muka pelanggan dapat digunakan untuk menyewa alat yang diperlukan.

Kuncinya adalah membangun citra dan peringkat Anda terlebih dahulu sehingga pelanggan Anda dapat membayar di muka dengan sangat percaya diri. Juga bijaksana untuk menemukan lokasi sewa yang murah sehingga Anda dapat menghemat uang sisa untuk membeli alat nanti.

2. Lupakan peralatan mahal

Perlengkapan fotografi tidak harus mahal. Ini adalah sesuatu yang pemula harus ingat. Semuanya masih tergantung pada skill yang dimiliki fotografer. Anda dapat membuat foto yang bagus tanpa alat yang mahal.

Temukan target pasar yang cocok yang tidak memiliki banyak persyaratan untuk fotografi. Yang terpenting, kami dapat memberikan layanan terbaik sesuai permintaan Anda.

3. Anda bisa menjadikan teman sebagai pelanggan pertama

Cari teman yang bisa menjadi pelanggan sejak dini. Tidak hanya akan lebih mudah untuk menargetkan konsumen, tetapi juga akan lebih mudah untuk didekati. Anda dapat meminta teman untuk memberithu testimoni kepada orang lain atau meminta mereka untuk menceritakan tentang pekerjaan Anda di media sosial.

Ingatlah bahwa prinsip “harga teman” tidak menguntungkan Anda sebagai pemula. Ada harga ada kualitas. Seorang teman yang baik pasti akan menghargai kualitas Anda sebagai layanan yang dia gunakan.

4. Testimoni sebagai alat pemasaran

Seperti disebutkan sebelumnya, perusahaan dalam bentuk layanan seperti fotografi harus menggunakan metode testimoni untuk pemasarannya.

Strategi ini bekerja dengan baik untuk menjangkau pelanggan baru. Pada dasarnya, gunakan pemasaran dari mulut ke mulut melalui jaringan teman atau komunitas yang Anda bentuk.

5. Buat portofolio yang menarik

Portofolio adalah kumpulan foto bukti untuk menarik pelanggan. Bagikan portofolio pekerjaan Anda dengan calon klien dan pastikan sudah terlihat rapi serta menjanjikan.