KemenKopUKM Lirik Kota-Kota Sekunder Di Kuningan Untuk Pengembangan Rumah Kemasan 

KemenKopUKM Lirik Kota-Kota Sekunder Di Kuningan Untuk Pengembangan Rumah Kemasan 

KemenKopUKM Lirik Kota-Kota Sekunder Di Kuningan Untuk Pengembangan Rumah Kemasan – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat menjajaki pendirian rumah kemasan. Kami sedang berupaya untuk mendirikan packaging house untuk meningkatkan kualitas produk unggulan bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kuningan.

“Bapak MenKopUKM Teten Masduki memiliki program untuk membangun rumah kemasan di kota-kota sekunder, salah satunya di Kabupaten Kuningan ini,” ujar Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM), Arif R. Hakim dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Memanfaatkan situs yang sudah ada, program ini merupakan bentuk dukungan KemenKopUKM karena tingginya biaya pengemasan bagi UMKM di Kuningan.

Menargetkan kota sekunder berpenduduk 250.000-500.000 jiwa, KemenKopUKM bekerjasama dengan PPN, Bappenas dan pemerintah daerah untuk membuat rumah kemasan tersebut.

“Kami (KemenKopUKM) menyediakan biaya pemugaran. Namun fokusnya adalah penyediaan alat, tenaga kerja, dan bahan baku selama satu tahun. Selanjutnya tahun berikutnya Rumah Kemasan itu harus bisa membiayai sendiri, tentunya harus dikelola secara profesional,” kata Arif.

Acara tersebut disambut baik oleh Gubernur Kuningan, Acep Purnama. Ia menilai UMKM di daerahnya memiliki potensi besar namun perlu dibantu agar lebih berkualitas.

Agar program ini cepat terwujud, Acep mengatakan dirinya dan pihaknya akan berupaya membangun lokasi strategis di Kabupaten Kuningan yang mudah dijangkau oleh UMKM.

“Kami lahan ada banyak dan kami siap mencarikan lokasi yang strategis. Pada dasarnya produk UMKM di Kabupaten Kuningan, cita rasanya sangat bagus. Namun untuk bisa mendapatkan kemasan yang bagus di sini biayanya relatif mahal. Dengan adanya rumah kemasan ini nantinya, minimal UMKM bisa menekan biaya produksi,” tutur Acep.