5 Tips Agar Aman Saat Mengirim Frozen Food Ke Konsumen

5 Tips Agar Aman Saat Mengirim Frozen Food Ke Konsumen

5 Tips Agar Aman Saat Mengirim Frozen Food Ke Konsumen – Saat ini bisnis frozen food menjadi tren di kalangan UMKM yang bergerak di bidang makanan. Hambatan dalam bisnis frozen food sering muncul di sisi pengiriman.

Kendala seperti masalah pengemasan untuk proses pengiriman yang biasanya gagal. Cacat selama pengiriman dapat merusak citra UMKM yang mempunyai bisnis frozen food.

Jika masalah ini terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan Anda akan kalah unggul dengan banyak pesaing.

Frozen food harus dapat menempuh jarak jauh maupun jarak pendek. Jadi, jika lokasi konsumen berada di luar kota, terutama di pulau, maka model pengemasan dan proses pengiriman harus benar-benar diperhatikan.

Berikut adalah beberapa tips dari untuk menjaga makanan beku Anda tetap aman dan mengantarkannya ke konsumen.

1. Pastikan produk dalam keadaan beku.

Ada banyak pelaku usaha yang memproduksi produk makanan sesuai pesanan dari konsumen.

Untuk model produksi yang sama, pastikan makanan dibekukan sebelum dikirim ke konsumen.

Hal ini untuk menjaga bentuk makanan dalam kemasan agar tidak mudah rusak.

2. Gunakan Styrofoam atau Icebox

Pesanan jumlah besar dianjurkan dengan styrofoam atau kotak es (ice box). Styrofoam plastik atau aluminium foil nilon dapat membantu menjaga kemasan makanan dalam kondisi baik.

Kotak es juga dapat digunakan dengan es jenis gel yang dimasukkan ke dalam karton untuk menjaga suhu di sekitar makanan setidaknya tidak panas.

3. Pastikan kemasan tertutup rapat.

Karton di luar wadah frozen food dapat rusak dalam penerbangan. Ini membutuhkan perhatian pada pengemasan makanan yang tepat.

Wadah makanan harus tertutup rapat, bahkan jika perlu, dan harus ditumpuk beberapa kali untuk mempertahankan kondisinya. Jika produk dikemas dalam plastik, Anda bisa menggunakan vacuum sealer yang sudah banyak dijual.

4. Ukur jumlah es gel di dalam kotak

Isi 20% dari total ruang karton dengan es gel. Tolong jangan berlebihan dalam pemakian es gel karena akan mempengaruhi biaya pengiriman.

Rasio 20:80 ini harus disesuaikan dengan jumlah makanan yang dikirim dan tujuan yang diharapkan.

Anda juga bisa menggunakan teknik layering saat menggunakan ice gel. Wadah makanan ditahan di tabung dari atas dan bawah dengan es gel untuk menjaga suhu produk tetap konstan.

5. Gunakan jasa pengiriman khusus

Saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang menawarkan layanan khusus untuk frozen food. Anda dapat memilih layanan pengiriman yang Anda inginkan dan memilih layanan khusus untuk membuat makanan Anda lebih aman.

Jika Anda memiliki pengiriman secara berkala, Anda juga dapat mengjukan kerjasama layanan pengiriman dengan promosi dan strategi pemasaran yang menarik.