Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (Himki) Siapkan Strategi Pasar Guna Menyikapi Permintaan Pangsa Pasar Yang Sedang Menurun

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (Himki) Siapkan Strategi Pasar Guna Menyikapi Permintaan Pangsa Pasar Yang Sedang Menurun

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (Himki) Siapkan Strategi Pasar Guna Menyikapi Permintaan Pangsa Pasar Yang Sedang Menurun – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (Himki) menyiapkan beberapa strategi untuk mengatasi penurunan permintaan di beberapa pasar utama.

Ada berbagai program mulai dari partisipasi dalam pameran hingga penguatan organisasi.

“Dalam rangka mengimbangi pelemahan permintaan dari pasar utama kita , yaitu Amerika Serikat dan Eropa, maka kita perlu mencari alternatif pasar baru yang juga memiliki potensi yang tidak kalah besar,” ujar Ketua Presidium Himki Abdul Sobur seperti dikutip dari Antara.

Pasar baru yang potensial untuk ditargetkan termasuk kategori negara-negara emerging market. Negara-negara ini pada dasarnya adalah negara-negara Asia seperti Cina, India, dan Timur Tengah.

Sobur mengatakan Hamki juga serius mempertimbangkan menggarap pasar lokal, termasuk program  mall to mall expo yang dijalankan Himki DKI Jabodetabek.

Ketua DPD Himki DKI Jabodetabek Edmund Parengkuan mengatakan, pihaknya menghadirkan lima program unggulan untuk mengembangkan industri mebel dan kerajinan guna menguasai pasar domestik dan ekspor.

Edmund mengatakan, “Kelima program tersebut adalah pertama, program mall to mall expo yang bekerjasama dengan Sinergy Hub di Mall Alam Sutera BSD Tangerang dan bekerjasama dengan Pemda DKI Jakarta yang berlokasi di beberapa mall di Jakarta.”

Kedua, merupakan program diskon bagi anggota Hemki yang mengikuti Indonesia International Furniture Expo (IFEX).

Edmund mengatakan, “Seperti kita ketahui bersama, pameran IFEX adalah pameran mebel dan kerajinan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Mengingat pameran ini sangat penting kami memberikan insentif potongan harga bagi anggota-anggota Himki DKI Jabodetabek.”

Ketiga, Program Kolaborasi Jakpreneur merupakan platform yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk merangkul komunitas kreatif dan inovatif untuk mengembangkanusaha berskala mikro, kecil, hingga menengah (UMKM).

Keempat, diskon khusus untuk anggota Hamki dengan membuat kartu anggota yang bisa digunakan untuk tagihan elektronik seperti E-Toll menjadi keuntungan lain.

Terakhir, integrasi regulasi untuk memperkuat organisasi merupakan bagian integral dari Himki pusat, sehingga Himki DKI Jabodetabek selalu melakukan konsolidasi untuk memperkuat organisasi Himki.