Ada Strategi Bagi Pelaku UMKM Untuk Mensiasati Kenaikan Harga BBM

Ada Strategi Bagi Pelaku UMKM Untuk Mensiasati Kenaikan Harga BBM

Ada Strategi Bagi Pelaku UMKM Untuk Mensiasati Kenaikan Harga BBM – Pada 3 September 2022, kenaikan BBM bersubsidi dan nonsubsidi secara serentak berdampak pada seluruh aspek masyarakat, termasuk pengusaha.

Menyikapi hal tersebut, para pengusaha membutuhkan strategi yang bijaksana untuk memerangi kenaikan harga BBM agar roda usahanya tetap berjalan.

Jadi apa saja yang pelaku usaha dapat lakukan untuk mensiasati dampak kenaikan harga bahan bakar? Berikut ulasannya:

1. Pengurangan produksi

Bagi pelaku usaha yang memproduksi produknya sendiri, salah satu cara ini bisa menjadi taktik untuk memerangi kenaikan harga bahan bakar.

Langkah ini mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi proses produk yang didistribusikan karena jumlahnya sedikit.

Namun cara ini dapat dipandang sebagai cara yang bersifat sementara dan dapat disesuaikan kemudian, ketika harga pokok produksi ditinjau dan konsumen menjadi terbiasa dengan kenaikan bhn bakar.

Dalam jangka panjang, metode ini memiliki efek menurunkan pasokan dan menurunkan omset.

2. Pilihlah jasa logistk yang harganya terjangkau

Secara khusus, dalam proses distribusi dan pengiriman ke konsumen, kmu harus mempertimbangkan langkah ini untuk menggunakan jasa logistik atau kurir dalam hal pengiriman.

Biaya logistik naik 30% saat harga BBM naik, jadi sebaiknya bijak dalam memilih jasa logistik atau pengiriman barang yang lebih murah.

3. Manfatkan dana bantuan dari Pemerintah

Tidak ada salahnya di tengah harga BBM, kamu memanfaatkan dana bantuan pemerintah. Dana ini bisa kamu gunakan untuk keperluan operasional untuk meutupi biaya opearional karena kenaikan harga BBM.

Langkah ini didukung juga olehKementerian Koperasi dan UKM (MenkopUKM)  yang mengusulkan ke Menteri Keuangan dan Menko Perekonomian, untuk dimanfaatkan pelaku usaha khususnya UMKM.

4. Menaikan harga produk usaha kamu

Kamu bisa mulai menaikkan harga produk secara bertahap sesuai dengan kondisi usaha kamu yang mulai mendesak. Hal ini perlu guna langkah antisipasi dari kerugian yang akan dialami.

Akan tetapi, sebelum menaikkan harga, kamu perlu memperhitungkan kenaikan harga baru yang tepat sasaran, agar daya beli konsumen tidak menurun.

Jika langkah ini tidak praktis, kamu dapat mempertimbangkan untuk sedikit mengurangi keuntungan kamu. Opsi ini dapat menyeimbangkan biaya operasi dan omset serta menghindari kerugian.

Kenaikan harga BBM memang sangat berdampak besar dihampir semua sektor perekonomian, tidak terkecuali pelaku UMKM. Sektor UMKM kewalahan guna mensiasati kenaikan harga BBM, dikarenakan biaya produksi dan keuntungan hampir seimbang, bahkan bisa jadi dari kenaikan harga BBM menjadikan tidak berjalannya roda usaha. 

Nah, itulah tips diatas bagi para pelaku UMKM guna mensiasati kenaikan harga BBM.

Demikian artikel ini dibuat untuk memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi para pembaca.