Strategi Bisnis Kos-kosan Agar Bisa Bersaing

Strategi Bisnis Kos-kosan Agar Bisa Bersaing

Strategi Bisnis Kos-kosan Agar Bisa Bersaing – Zaman sekarang tempat kosan atau hunian menjadi suatu kebutuhan yang paling primer bagi mereka yang status tempat tinggalnya nomaden atau berpindah-pindah.

Tentu saja, setiap perantau membutuhkan tempat tinggal. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk peluang usaha bagi anda sampingan berupa kos-kosan.

Memulai bisnis berupa kos-kosan yang menguntungkan karena salah satu bidang bisnis properti.

Namun, bisnis kos-kosan tidak bisa dijalankan secara sembarang. Seiring berkembangnya bisnis ini, ada banyak strategi yang bisa dijadikan penetahuan agar dekorasi kosan kamu tidak ketinggalan dalam persaingan.

Beberapa sumber telah melaporkan beberapa strategi membangun bisnis kos-kosan, berikut strateginya:

1. Ketahui properti atau bangunan yang akan anda jadikan kos-kosan

Sebelum memulai bisnis kosan, pastikan terlebih dahulu bahwa properti yang akan anda gunakan sebagai kosan benar-benar sesuai dari ukuran tanah dan bangunannya.

Pengukuran ini juga harus disesuaikan dengan ukuran standar kamar kosan yang akan dipergunakan. Tujuannya bukan hanya untuk kenyamanan penghuni kosan, tapi juga untuk mengetahui berapa jumlah kamar yang bisa anda buat nantinya.

2. Pilih bangunan yang tepat

Anda tidak perlu memiliki gedung atau real estate untuk memulai bisnis kos-kosan. Jika kekuatan modal anda cukup, anda juga dapat membeli bangunan yang sudah siap pakai untuk dijadikan kosan.

Tugas anda di sini adalah memverifikasi bukti kepemilikan properti dan kondisi bangunan yang anda beli.

3. Lokasinya strategis dan ramai

Tentu saja, anda harus memilih lokasi kosan yang strategis dan ramai oleh orang, contoh halnya zona kampus, zona industri pabrik, pasilitas publik, zona perkantoran dll.

4. Memiliki fasilitas lengkap serta konsep yang unik.

Rumah kost yang lengkap tidak harus mewah, tetapi memenuhi standar kosan dalam ruangan yang baik seperti AC, WiFi, CCTV, parkir, dan dapur.

Jika anda memiliki banyak modal, ada baiknya untuk memiliki beberapa tambahan yang unik dan berguna seperti area olahraga atau adanya ruang TV bersama. Tujuannya adalah untuk menambah nilai lebih pada kosan anda.

5. Desain dan kebersihan kamar

Kebersihan merupakan faktor penting yang meningkatkan nilai kosan anda. Kebersihan harus dipelihara secara teratur untuk memastikan bahwa penghuni merasa nyaman.

Tren desain kamar kosan juga semakin beragam. Anda bisa membangun model atau desain ruangan sesuai perkembangan terkini yang disesuaikan dengan jumlah modal yang anda miliki. Hal ini untuk menarik penghuni baru kosan anda.

6. Harga sewa bersaing

Persaingan tidak berarti menurunkan harga dan menghilangkan keuntungan. Teliti harga pesaing anda saat ini di wilayah anda membangun kosan.

Jika tempat dan kamar kosan anda memiliki banyak kelebihan, jangan ragu untuk mengenakan harga yang lebih tinggi. Namun, harga tersebut harus sudah anda teliti terlebih dahulu di wilayah kosan anda bangun.