7 Cara Mempromosikan Produk Kamu Di Instagram Agar Cepat Terjual 

7 Cara Mempromosikan Produk Kamu Di Instagram Agar Cepat Terjual 

7 Cara Mempromosikan Produk Kamu Di Instagram Agar Cepat Terjual – Promosi produk usaha UMKM melalui Instagram bukanlah hal baru. Meski demikian, peluang sukses memasarkan produk UMKM melalui Instagram tetap terbuka.

Instagram sendiri masih menjadi salah satu media sosial favorit masyarakat. Instagram memiliki banyak fitur yang memudahkan UMKM untuk berjualan, seperti website dan link belanja Instagram.

Dalam kursus Business Coaching UMKM Academy by Kimia Farma bersama pendiri Caliberworks Sahabat UMKM, Sunil Tolani mengatakan media sosial khususnya Instagram masih menjadi platform yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Apa pun produk dan layanan yang kamu tawarkan kepada pelanggan, kata Sunil, Instagram adalah bagian utama dari inisiatif pemasaran digital apa pun yang dapat kamu buat.

Jadi, bagaimana kamu bisa menggunakan Instagram untuk memasarkan produk kamu agar lebih populer dan laris manis? Berikut strategi penggunaan Instagram untuk memasarkan produk:

1. Buatlah profil instagram kamu semenarik mungkin

Pelaku usaha perlu membuat profil yang menarik. Profil yang menarik adalah dasar terpenting untuk mendapatkan banyak pengikut Instagram.

Saat mengunjungi Instagram, calon pembeli perlu mengetahui tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan. Prospek juga perlu mengetahui sektor bisnis di mana mereka beroperasi.

2. Memperkuat kerjasama dalam promosi

Kolaborasi antara entitas UMKM melalui lintas promosi produk adalah sesuatu yang dapat dicoba.  Terutama untuk pelaku UMKM, dapat mengembangkan bisnis dan menjalin hubungan dengan pelaku UMKM yang sama.

Promosi silang produk juga memiliki efek positif karena kamu dapat mempelajari banyak hal baru untuk mempromosikan inovasi, membangun jaringan, mengurangi biaya bisnis, dan meningkatkan nilai kemampuan bisnis kamu.

3. Hashtag yang unik serta kreatif

Hashtag adalah kata kunci yang memungkinkan calon pelanggan menemukan produk yang kamu unggah. Pelaku UMKM dapat melakukan riset terlebih dahulu dengan mencari tagar atau tagar yang digunakan oleh merek produk besar.

Setiap pemilik bisnis bereksperimen dengan tagar unik yang terkait dengan bisnis mereka yang dapat mereka gunakan saat meluncurkan produk baru atau mengelola acara tertentu.

4. Konten kreatif

Konten kreatif akan mempengaruhi minat calon pelanggan yang nantinya akan menemukan akun Instagram kamu. Buat foto, video, hingga caption yang menyenangkan.

Desain yang menarik untuk mengunggah foto dan produk membuat Instagram semakin menonjol.

5. Memanfaatkan Influencer

Layanan influencer untuk pemasaran produk di Instagram telah menjadi tren pemasaran. Influencer diyakini memiliki dampak signifikan pada bisnis.

Sebelum kamu memilih untuk menggunakan layanan influencer, lakukan riset agar sesuai dengan kebutuhan untuk pemasaran usaha. Pilih influencer yang sesuai dengan jenis produk dan kebutuhan bisnis kamu.

6. Gunakan strategi promosi berbayar

Strategi promosi berbayar sering digunakan oleh para pelaku UMKM di Instagram. Strategi ini diterapkan untuk memperkenalkan dan memperkenalkan produk kepada pengikut kamu.

Selain itu, diharapkan konten yang disediakan tidak sulit untuk dijual dan dapat memuat cerita tentang produk UMKM.

7. Endorsement

Strategi pemasaran produk lain yang dapat meningkatkan penjualan adalah endorsement. Jaminan dari endorsement dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran dengan mempromosikan produk kamu yang dijual.