Inilah Manfaat Dan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual Bagi UMKM

Inilah Manfaat Dan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual Bagi UMKM

Inilah Manfaat Dan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual Bagi UMKM – Gerakan para pelaku UMKM saat ini sudah sangat banyak perkembangan, secara langsung mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dibandingkan dengan usaha yang lebih besar, pelaku UMKKM dapat berkembang lebih cepat dan lebih inklusif. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus memperhatikan aspek hukum.

Salah satunya adalah pendaftaran untuk perlindungan kekayaan intelektual (HAKI) bagi pelaku UMKM.

Lindungi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kamu sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.
Lindungi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kamu sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Mendaftarkan hak kekayaan intelektual dapat melindungi kekayaan intelektual produk kamu, baik merek dagang, paten, hak cipta, atau desain industri. Juga, mengapa pendaftaran hak kekayaan intelektual untuk UMKM penting? Simak pemaparan berikut.

Cegah pesaing mengklaim merek kamu

Jika kamu pelaku UMKM, sangat disarankan untuk segera mendaftarkan hak kekayaan intelektual  sesegera mungkin ke pencatatan HAKI.

Ini membantu menghindari sengketa merek dagang dan, yang paling penting, memberikan perlindungan hukum jika ada plagiat dan klaim pihak ketiga.

Mempermudah untuk proses lisensi serta pengalihan

Jika usaha kamu berkembang pesat dan ingin berkembang seperti ke jenis franchise, HAKI akan mempermudah dalam hal perizinan.

Oleh karena itu, segala bentuk perluasan atau peralihan jenis usaha kamu dilindungi oleh hukum.

Diperudahnya proses penawaran ekuitas atau investasi publik

Mengingat sektor UMKM saat ini sudah mampu memasuki pasar global, bukan tidak mungkin suatu saat nanti usaha kamu dapat masuk penawaran  ekuitas atau investasi publik.

Dengan mendaftar di HAKI, usaha kamu diterima dengan baik dalam hal legitimasi.

Meningkatkan nilai pada produk 

Produk bermerek terdaftar, asli dalam ide dan telah dibenarkan oleh hak kekayaan intelektual yang menarik dan nilai tambah pada produk.

Tentunya hal ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli dan meningkatkan nilai produk yang kamu jual.

Sebagai informasi tambahan. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan sulitnya mendaftarkan hak kekayaan intelektual untuk badan usaha di sektor UMKM. Untuk menghindari praktik pungutan liar, Kejaksaan Agung memberikan kemudahan dalam mendaftarkan kekayaan intelektual melalui sistem online dan biaya rendah serta pembayaran immaterial.

Demikian artikel ini dibuat untuk memberikan manfaat serta menambah wawasan.