Pelajari Cara Menggunakan Dana BLT UMKM Untuk Mengembangkan Usaha

Pelajari Cara Menggunakan Dana BLT UMKM Untuk Mengembangkan Usaha

Pelajari Cara Menggunakan Dana BLT UMKM Untuk Mengembangkan Usaha – Memasuki tahun 2022, Pemerintah resmi menaikkan anggaran bantuan sosial sebesar Rp. 18,6 triliun. Salah satu dari jumlah tersebut disisihkan untuk digunakan oleh para pemangku kepentingan usaha kecil dalam Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau BPUM 2022.

Dana bantuan sebesar Rp. 600.000 ini akan disalurkan kepada sekitar 12 juta pelaku usaha, sebagai tambahan modal bagi usaha kecil sehubungan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi pada awal September 2022.

Untuk pelaku usaha kecil dapat mendaftarkan usahanya secara online sebagai penerima manfaat BLT UMKM. Jadi bagaimana menggunakan uang itu untuk dijadikan ajang promosi usaha anda? Simak tips berikut yang sudah dirangkum dari beberapa sumber yang sudah berpengalaman dalam bidangnya:

1. Prioritas

Kamu perlu memprioritaskan kebutuhan untuk usaha kamu, dan uang yang kamu miliki sekarang dapat disalurkan  untuk prioritas tersebut. Misalnya untuk mengembangkan usaha dengan memperluas pemasaran atau meningkatkan produksi.

Dengan menetapkan prioritas-prioritas ini, kamu akan mengetahui bahwa dana bantuan tersebut akan difokuskan terlebih dahulu pengeluaran yang telah kamu tetapkan.

2. Membuat catatan keuangan

Sekalipun usaha kamu masih kecil, catatan keuangan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang arus kas, baik laba bersih ataupun laba kotor.

Kamu dapat mengevaluasi apakah sudah tepat membelanjakan dana BLT kamu atau belum. Catatan keuangan juga penting untuk mencegah arus kas yang tidak sehat.

3. Berupaya mengembangkan usaha tanpa terges-gesa

Hindari pengeluaran banyak biaya tetap gunanya adalah kuntu tetap fokus pada pengembangan usaha, seperti membeli peralatan baru atau menambah staf.

Guakan uang yang kamu miliki dari dana BLT untuk kebutuhan operasional usaha agar dapat berkembang usaha kamu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mengalokasikan dana sambil melihat peluang pertumbuhan usaha dan kreativitas yang perlu dikembangkan.

4. Fokus pada usaha kamu

Kamu harus memiliki komitmen yang kuat terhadap usaha yang kamu jalankan sehingga dapat terus mengembangkan usaha kamu

Penting juga untuk memahami bagaimana arus kas dan posisi keuangan. Jadi kamu dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan dana BLT.