Cara Cerdas Membuat UMKM Punya Daya Saing Di E-commerce Lokal

Cara Cerdas Membuat UMKM Punya Daya Saing Di E-commerce Lokal 

Cara Cerdas Membuat UMKM Punya Daya Saing Di E-commerce Lokal – Ada banyak metode belanja populer saat ini, salah satunya belanja online melalui platform e-commerce. Menurut  Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), per Juni 2022, 11 juta UMKM di Indonesia menggunakan e-commerce sebagai tempat usahanya.

Data menunjukkan bahwa penetrasi internet mempengaruhi orang-orang yang saat ini ‘melek’ menggunakan e-commerce dalam hal berbelanja. Jadi, ini adalah peluang bagus bagi UMKM untuk memulai penjajakan usaha dengan platform e-commerce.

Tentu saja, dengan kemudahan menjual, UMKM memiliki banyak pesaing. Jadi, apa yang bisa dilakukan produk UMKM untuk mempunyai daya saing agar dapat bersaing di e-commerce? Silahkan cek uraian berikut.

1. Tingkatkan brand kamu

Seperti pasar bebas, e-commerce menawarkan lapak kepada pelaku usaha tak terbatas. Oleh karena itu, agar dapat bersaing, suatu produk harus memiliki kepribadian dan citra yang berbeda dengan pesaingnya.

Hal ini bisa dimulai dengan nama, warna kunci dan logo yang menarik agar lebih mudah diingat oleh pembeli. Kamu juga perlu menyesuaikan platform e-commerce kamu dengan tujuan dan profil usaha untuk menentukan target dan mendapatkan pembeli yang tepat.

Selain itu, foto produk adalah hal pertama yang dilihat pembeli. Untuk menarik pembeli agar berbelanja di kios, kamu memerlukan citra produk yang berkualitas tinggi dan menarik secara visual.

2. Promosi

Tidak ada yang lebih disukai pembeli selain promosi yang menguntungkan. Berbagai promosi dapat kamu gunakan di e-commerce, seperti diskon, dan penawaran Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) dan masih banyak lagi.

3. Kerjasama dengan penyedia jasa logistik

Pembeli ingin produk yang sempurna tiba di depan pintu mereka, jadi pilihlah mitra yang dapat diandalkan dalam layanan logistik dan kurir.

Hal ini penting untuk menghindari kekecewaan terhadap produk karena keterlambatan pengiriman paket, komunikasi yang buruk antara perusahaan pengiriman dan pembeli.

4. Metode pembayaran yang mudah

Berikan kenyamanan dalam hal pilihan pembayaran, sehingga memudahkan pembeli untuk memeriksa produk kamu. Baik melalui aplikasi dompet digital, transfer, maupun cash on delivery (COD).

Cara ini menguntungkan agar pembeli dapat dengan mudah memutuskan untuk membeli produk tanpa keluar dari keranjang belanja.

5. Memberikan pelayanan terbaik

Jika ingin toko kamu mempunyaiperingkat lebih tinggi, kamu harus memanfaatkan fitur ulasan pembeli. Hal ini dapat dilakukan dengan kemampuan terbaik kamu sebagai pelaku UMKM, termasuk dengan cepat dan sopan menanggapi informasi produk, pertanyaan, dan keluhan pembeli.

Kamu juga dapat mengemas produk dengan cara yang menarik sehingga pembeli meninggalkan pengalaman yang tak terlupakan untuk meninggalkan umpan balik positif di toko.

Tentu masih banyak faktor lain yang membantu produk kamu bersaing, namun kelima hal ini penting untuk diterapkan bagi pelaku UMKM agar bisa bersaing dengan kompetitor saat bergabung dengan e-commerce.

Demikian artikel ini dibuat untuk memberikan manfaat serta menambah wawasan.