Betapa Pentingnya Transformasi Digital Bagi UMKM Agar Dapat Bertahan

Betapa Pentingnya Transformasi Digital Bagi UMKM Agar Dapat Bertahan

Betapa Pentingnya Transformasi Digital Bagi UMKM Agar Dapat Bertahan – Bangkit dari epidemi sangat penting bagi UMKM. Namun, banyak dari para pelaku usaha tersebut yang terkena dampaknya hingga usaha yang mereka mulai melambat atau bahkan berhenti sama sekali.

Menurut survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia, 87,5% dari seluruh UMKM di Indonesia terkena dampak pandemi COVID-19. Hampir semua orang mengalami dampak negatif dari sisi penjualan.

Seiring berjalannya waktu dan pulihnya wabah yang terjadi saat ini, sistem transaksi yang dilakukan oleh konsumen juga berubah. Kita semua terbiasa menggunakan sistem transaksi digital karena keterbatasan yang kita  hadapi selama pandemi.

Pergeseran tersebut memaksa para pelaku usaha untuk beradaptasi dan bertransisi ke platform digital dalam memasarkan produk atau jasanya.

Berikut 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk berpindah ke sistem transformasi digital.

1. Pilih platform yang tepat

Memilih platform media yang tepat untuk produk kamu sangat penting. Ini karena pilihan platform terkait dengan strategi branding usaha yang sudah dikembangkan.

2. Buat profil untuk produk yang akan di pasarkan

Buatlah profil usaha kamu semenarik mungkin di platform pilihan kamu. Tujuannya agar calon konsumen memahami produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Buat konten kreatif agar target pasar tercapai

Kamu bisa memulainya dengan melihat referensi dari usaha sejenis, kemudian mengembangkan konten yang sesuai untuk mempromosikan produk dengan karakteristik unik.

4. Buat promosi yang menyenangkan dan manfaatkan momen-momen tertentu.

Harbulnas, Tahun Baru, dan berbagai momen spesial lainnya bisa menjadi momen yang tepat untuk promosi. Kamu dapat menarik konsumen dengan membuat promosi atau iklan di platform atau marketplace yang kamu pilih.

Transformasi digital dapat dilakukan tanpa mengubah value produk. Namun, langkah ini bisa menjadi solusi jangka panjang bagi UMKM untuk bertahan di tengah pandemi.

Demikian artikel ini dibuat untuk memberikan manfaat serta menambah wawasan.