Ada 5 Tips Bagi Pemula Yang Mau Menjadi Pelaku UMKM

Ada 5 Tips Bagi Pemula Yag Mau Menjadi Pelaku UMKM

Ada 5 Tips Bagi Pemula Yag Mau Menjadi Pelaku UMKM  – Saat ini pertumbuhan UMKM di Indonesia berkembang pesat. Pada Forum Ekonomi Merdeka (28 Februari 2022),  Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyampaikan bahwa 2022 akan menjadi awal kebangkitan UMKM.

Pelaku UMKM sendiri kini semakin marak dan mulai diasah oleh generasi muda perwakilan. Hingga 73% dari seluruh anak muda di Indonesia sudah tertarik untuk berwirausaha.

Hal ini memungkinkan kaum muda untuk melihat lebih jelas langkah-langkah apa yang dapat atau harus diambil untuk memulai usaha.

Perusahaan yang memulai dengan mudah di awal seringkali gagal karena kurangnya pengetahuan dan tahap pengembangan yang salah.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai UMKM seperti yang disebutkan oleh beberapa sumber untuk membantu pemula mengembangkan bisnis mereka secara efektif.

1. Riset

Sebelum memulai bisnis, kamu harus melakukan riset terkai target pasar dan kebutuhannya. Selain itu, riset dan observasi tempat dengan potensi penjualan tinggi juga sangat penting.

Keduanya bisa dimulai dengan mengidentifikasi dan meneliti jenis target pasar yang ingin dibidik usaha kamu.

2. Siapkan Mental

Terkadang masalah mental dilupakan begitu saja. Setiap bisnis akan dimulai dengan tantangan yang berbeda. Pelaku UMKM yang sukses harus memiliki pola pikir, keberanian, dan fleksibilitas yang kuat dalam proses pengembangan usaha.

3. Membangun hubungan dengan sesama UMKM

Menjalankan usaha sendirian tidak mungkin. Ada banyak pihak yang terlibat selain kamu dan konsumen.

Penting untuk membangun hubungan seluas mungkin dengan pemasok atau vendor tepercaya dan pengusaha lain yang mungkin akan mengaak kamu untuk bekerja sama.

4. Persiapan modal

Modal merupakan salah satu pilar dalam memulai suatu usaha. Banyak orang atau pemula membuat kesalahan ketika memutuskan bagaimana memanfaatkan untuk sebuah usaha.

Kamu tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai usaha. Tugas kamu adalah menyesuaikan modal yang sudah disiapkan dan mengelolanya seefektif mungkin melalui riset dan survei yang dilakukan.

5. Menentukan lokasi

Memutuskan tempat bekerja sangat penting. Perhatikan tempat atau lokasi yang dapat menghasilkan aktivitas tinggi dalam lalu lintas dan penjualan.

Di era digital ini, lokasi tidak selalu berarti lokasi. Kamu juga dapat menggunakan platform digital sebagai website usaha jika kompatibel dengan produk yang ditawarkan.

Memulai usaha di usia muda adalah langkah yang baik dan bisa menjadi sumber penghasilan pribadi. Bahkan menjadi pelaku UMKM dapat memberikan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain. Tidak perlu takut untuk memulai usaha. Kamu bisa memulainya dengan mempertimbangkan beberapa tips yang disebutkan di atas.

Demikian artikel ini dibuat untuk memberikan manfaat serta menambah wawasan.