4 Kesalahan Umum Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Untuk Modal Usaha

4 Kesalahan Umum Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Untuk Modal Usaha

4 Kesalahan Umum Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Untuk Modal Usaha – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kerap menghadapi tantangan permodalan saat hendak memulai usaha. Salah satu sumber pinjaman keuangan adalah pinjaman online (pinjol).

Saat ini, pinjaman fintech dapat dengan mudah diperoleh secara online. Keuntungannya adalah mudah untuk melunasi pinjaman.

Persyaratan pengajuan pinjaman relatif mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan foto pribadi dengan identifikasi dan data pribadi seperti nama, alamat email dan nomor telepon. Selain itu, calon peminjam hanya perlu menunggu persetujuan atau konfirmasi pengajuan pinjamannya yang relatif cepat.

Pinjol adalah lembaga keuangan terbaik bagi pelaku UMKM yang sangat membutuhkan uang. Namun, ada kesalahan yang harus dihindari saat mengajukan pinjaman daripada mengajukan pinjaman.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan calon peminjam:

1. Disatukannya rekening usaha dan pribadi

Kesalahan paling umum yang dilakukan oleh calon pelaku UMKM adalah mencampurkan rekening pribadi dan bisnis menjadi satu. Jangan membuat kesalahan ini.

Sebaiknya, sebelum mengajukan pinjaman, buka rekening usaha untuk menampung dana pinjaman, termasuk dana dari kegiatan usaha.

2. Pencatatan pembukuan tidak lengkap

Kesalahan berikutnya yang sering ditemui adalah pembukuan atau pencatatan yang tidak lengkap. Untuk memulai bisnis, pembukuan atau pencatatan setoran dan penarikan sangat penting.

Pembukuan, atau catatan, berguna untuk memahami jumlah uang yang masuk dan keluar untuk bisnis dan operasi lainnya. Selain itu, pembukuan atau pencatatan dapat berguna untuk mengetahui status untung dan rugi kamu.

Pembukuan yang tidak rapi juga bisa mengakibatkan pengajuan pinjaman kamu ditolak.

3. Manajemen keuangan yang tidak sehat

Kesalahan umum lainnya adalah megenai manajemen keuangan yang tidak sehat, seperti menggabungkan rekening pribadi dan bisnis, pasti akan menyebabkan masalah keuangan.

4. Jika kamu memiliki kredit buruk

Riwayat kredit dari sistem layanan informasi keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK) menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman langsung online. Biasanya, jika pengajuan pinjaman kamu ditolak, kemungkinan besar karena memiliki riwayat kredit yang buruk.

Riwayat kredit yang buruk, seperti tagihan kartu kredit yang jatuh tempo, kredit mobil atau keadaan lainnya. Semua tunggakan pembayaran harus dilakukan sebelum mengambil pinjaman apapun, termasuk pinjaman langsung.