Kamu Seorang Karyawan? Butuh Modal Usaha Sebesar Rp. 10 Juta? Ada Tipsnya, Simak Baik-Baik -

Kamu Seorang Karyawan? Butuh Modal Usaha Sebesar Rp. 10 Juta? Ada Tipsnya, Simak Baik-Baik –

Kamu Seorang Karyawan? Butuh Modal Usaha Sebesar Rp. 10 Juta? Ada Tipsnya, Simak Baik-Baik – Banyak karyawan bercita-cita ingin menjadi pengusaha. Membangun sebuah usaha dari nol sesuai passion atau minat.

Namun untuk melakukan aksi nyata, masih maju mundur karena terbentur dengan modal. Maklum besaran gaji cuma upah minimum, kamu tidak ingin mengajukan proposal untuk buka usaha.

Sebenarnya dengan gaji UMR, kamu bisa mengumpulkan modal usaha tanpa harus ngutang. Kalau mau cepat terkumpul, syaratnya usaha kecil-kecilan dulu yang modalnya Rp 10 juta.

Berikut cara mengumpulkan uangnya:

Tentukan target berapa lama menabung

Hidup harus punya target. Sama seperti menabung untuk modal usahaa. Kamu harus menentukan jangka waktu target untuk mengumpulkan uang.

Disiplin

Kalau Idealnya anggaran untuk pos tabungan 10% dari gaji. maka demi mengejar target enam bulan, kamu harus memiliki lebih besar agar tabungan modal usaha cepat terkumpul.

Menghitungnya, jika Rp 10 juta dibagi enam adalah Rp 1,67 juta. Artinya, setiap bulan kamu harus sebesar Rp 1,67 juta dari gaji UMR. Sendainya gaji UMR kamu Rp 4 juta, sama dengan 42% dari gaji.

Berhemat

Ketika sudah berkomitmen untuk menabung selama enam bulan dengan anggaran Rp 1,67 juta, kamu harus mengiringinya dengan hidup super hemat. Rela ikat pinggang agar cita-cita punya usaha terwujud.

Dikarenakan, 42% dari gaji UMR sudah terpakai untuk penghematan, tersisa 58% atau sekitar Rp 2,33 juta untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Disinilah kamu harus pintar dan bijak mengatur sisa keuangan.

Mengumpulkan uang receh

Selain menjauhi gaya hidup boros, kamu juga harus mulai peduli dengan uang receh. Uang receh dari kembalian belanja sesuatu, jangan dibuang atau disia-siakan meskipun nominalnya hanya Rp 100 atau Rp 200.

Kumpulkan saja pada wadah toples, kaleng atau celengan. Misalnya uang Rp 200 kamu simpan, hasilnya Rp 36.000 dalam enam bulan

Nilainya memang kecil, tapi lambat laun akan menjadi kebiasaan bagus yang dapat memberikan manfaat besar.

Mencari pekerjaan sampingan

Sudah berhitung anggaran, sisa dari gaji Rp 2,33 juta ternyata masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mungkin karena sejumlah harga bahan pangan naik dengan drastis, sudah memiliki anak, imbalan utang lebih dari satu, dan sebagainya.

Kamu bisa mengatasinya dengan bekerja sampingan. Tidak lain tidak bukan bertujuan untuk menambah pemasukan kamu.

Segera wujudkan niat usaha kamu

Jika sudah memiliki tekad kuat untuk membuka usaha atau merintis bisnis, jangan surut hanya karena masalah modal.

Gaji UMR jangan dijadikan hambatan besar untuk mengumpulkan uang untuk modal usaha. Sesuaikan dengan besaran modal usaha yang ingin kamu bangun.