Sebagai Menteri Menparekraf, Sandiaga Bagi Tips Untuk Pelaku UMKM Agar Bersiap Menghadapi Inflasi 

Sebagai Menteri Menparekraf, Sandiaga Bagi Tips Untuk Pelaku UMKM Agar Bersiap Menghadapi Inflasi 

Sebagai Menteri Menparekraf, Sandiaga Bagi Tips Untuk Pelaku UMKM Agar Bersiap Menghadapi Inflasi – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memperkirakan UMKM akan terkena imbas inflasi akibat kenaikan harga BBM ke depan.

Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan para pelaku UMKM terus berinovasi dan berinovasi untuk setiap produknya.

Sandiaga juga memberikan berbagai tips bagi pelaku UMKM menghadapi inflasi akibat tingginya harga BBM di Workshop KaTa Kreatif Bandar Lampung.

“Pertama, tekan biaya seefisien mungkin. Dimana cost betul-betul kita jaga dan efisien kan,” kata Sandiaga, Minggu (28/8/2022).

Saran kedua adalah untuk terus memperluas jaringan pelaku UMKM, terutama pemasok bahan baku produk.

Sandiaga mengatakan, “Supaya pasokan kita bisa variatif, didapatkan dari berbagai supplier. Sehingga harganya bisa kita tekan.”

Ketiga, memperkuat keuangan dengan memanfaatkan dukungan dari pemerintah daerah, diantaranya adalah dukungan pinjaman tanpa bunga.

Sandiaga mengatakan, “Untuk keuangan, saya ingin minta untuk memberikan bantuan kepada UMKM. Fasilitasi pembiayaan, pemasaran, dan kemudahan perizinan.”

Sementara itu, Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bandar Lampung Khaidarmansya mengatakan bantuan modal untuk UMKM siap disalurkan.

Menurutnya, dukungan tersebut dapat diakses melalui Bank BNI yang bermitra dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

“Proses penyaluran pinjaman modal tanpa bunga bagi pelaku UMKM sudah terjaring dan tinggal eksekusi dari pihak BNI,” ucap Khaidar.

Tahap awal sekitar 80 pelaku ekonomi kreatif yang akan mendapat dukungan permodalan bagi UMKM.

“Pemkot telah menyerahkan ke BNI data penerima pinjaman modal tanpa bunga bagi UMKM dari berbagai instansi,” kata Khaidar.