Anda Baru Memulai Bisnis Dan Kehabisan Modal Ajukan Pinjaman Ultramicro

Anda Baru Memulai Bisnis Dan Kehabisan Modal? Ajukan Pinjaman Ultramicro – Banyak pengusaha yang kesulitan modal saat memulai usaha. Jika Anda ingin meminjam uang dari bank, Anda akan sering menemui persyaratan untuk bisnis yang sudah berjalan minimal dua tahun.

Ririn Kadariyah, Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), mengatakan Fasilitas Ultra Microcredit (UMi) tersedia jika pelaku usaha masih sangat baru namun membutuhkan modal.

Pinjaman ultramikro adalah fasilitas yang diberikan pemerintah kepada pelaku komersial yang belum mendapat persetujuan perbankan. Karena namanya ultramicro, jumlah pinjaman maksimum adalah Rp 20 juta per peminjam.

“Dana disalurkan oleh PIP kepada lembaga keuangan non-bank, seperti PT Pegadaian, PNM, dan koperasi-koperasi di berbagai daerah,” katanya.

Ririn mengatakan syarat utama yang harus dipenuhi calon debitur adalah sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan usaha yang sedang atau akan beroperasi.

Hal ini berbeda dengan bank yang mewajibkan calon peminjam memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) saat mengajukan pinjaman.

Dia menambahkan, “Bahkan pelaku usaha yang kemarin baru menjalankan bisnis, sudah bisa mengajukan pinjaman ultramikro ini,”

Tahun ini, PIP menargetkan mendanai 2 juta debitur baru di seluruh Indonesia. Sektor yang diprioritaskan adalah pertanian. Pasalnya, lembaga keuangan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Kehutanan.

Selain sektor pertanian, PIP terus mendanai sektor yang selama ini menyumbang porsi distribusi terbesar, yaitu sektor perdagangan.

Demikianlah artikel ini dibuat agar menambah wawasan dan memberikan manfaat.