Ikan Channa Sedang Naik Daun Di Malang, Banyak DImanfaatkan Pedagang Untuk Berjualan

Ikan Channa Sedang Naik Daun Di Malang, Banyak DImanfaatkan Pedagang Untuk Berjualan

Ikan Channa Sedang Naik Daun Di Malang, Banyak DImanfaatkan Pedagang Untuk Berjualan – Banyak dicari pembeli, ikan channa yang masih kerabat dari ikan gabus. Sehingga para pedagang di Pasar Satwa Malanci Splindid ramai-ramai menjual ikan ini.

Ikan jenis ini banyak dicari pembeli karena adanya persaingan. Diasumsikan bahwa bentuk kepala menyerupai ular.

Ikan channa seperti Asiatica, Stewarti, Yellow Sentarum, Limbata, Aurantimaculata ditawarkan dengan harga Rp 100.000 untuk ikan yang berumur kurang lebih 5-6 bulan.

Harga ikan channa juga tergantung pada pola dan warna sisik, semangat ikan, dan bagian punggung atau tingkat atas ikan sisik. Warna sisik ikan yang berwarna-warni juga memiliki nilai estetika tersendiri.

“Ikan ini asalnya ada yang dari India, Filipina sama negara lainnya juga. Saya ambilnya dari pembudidaya di daerah Malang sini saja. Ya ramai mas, sirkulasi permintaan sama penjualan bagus, ada aja yang beli, soalnya kan di kontes-an ini ikan ramai juga,” ungkap salah satu pedagang bernama Syaiful.

Pecinta ikan kotes, Galih Rakasiwi (34), mengatakan ikan Channa kini memiliki nilai ekonomi tinggi yang menjadikannya investasi jangka pendek.

Ia sendiri memiliki ikan Sentarum Kuning dan Asiatica yang berumur sekitar 2 tahun. Ikan nya, kalau ditaksir harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Padahal, jika ia membeli seekor ikan kecil, harganya tidak lebih dari beberapa ratus ribu rupiah.

“Selain banyak dicari dan dikonteskan, sekarang komunitas penggemar ikan kotes (ikan channa) sudah banyak. Kolektor ikan hias juga beli karena ikan ini juga punya daya tarik dari segi bentuk, warna dan lainnya,” ujar pria asal Kota Batu, Jawa Timur.

Ikan kotes

Dalam bahasa Jawa, channa atau ikan gabus disebut kotes. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di habitat alami seperti sungai, danau dan rawa.

Ikan asal Indonesia ini merupakan ikan predator air tawar dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat selain rasanya yang enak.

Di masa lalu, ikan ini dianggap sebagai permainan memancing biasa. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ikan ini telah menjadi primadona dan telah ditangkap oleh banyak pecinta untuk koleksi.

Alhasil, ikan ini naik ke level ikan yang sebelumnya hanya dimakan untuk dimakan, dan sekarang menjadi ikan akuarium yang bergengsi.

Wah, peluang bisnis yang menguntungkan nih, patut dicoba ya kawan – kawan, apalagi kalian pecinta ikan hias.

Demikian artikel ini dibuat untuk mmberikan manfaat dan menambah wawasan.

Yuk, kita tonton video berikut ini tentang mengenal ikan channa.