Apakah Anda Ingin Membuka Restoran Masakan Padang? Pertama, Pahami Sistem Mato

Apakah Anda Ingin Membuka Restoran Masakan Padang? Pertama, Pahami Sistem Mato

Apakah Anda Ingin Membuka Restoran Masakan Padang? Pertama, Pahami Sistem Mato – Masakan Padang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain cita rasa di lidah, Masakan Padang menawarkan lauk pauk yang beragam beserta lauk pauknya yang beragam.

Banyak orang yang mengetahui masakan Padang, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa ada model bisnis yang berbeda dengan model bisnis tradisional bisnis restoran Padang.

Model bisnis yang diterapkan adalah sistem mato. Mengutip berbagai referensi, Mato adalah sistem bagi hasil antara investor atau investor dan mereka yang terlibat langsung dalam operasi bisnis sehari-hari.

Pembagian keuntungan atau bagi hasil berbeda antara pemilik modal dan pengelola tergantung dari kesepakatan. Tapi biasanya 50:50, 55:45, 45:55 dst atas kesepakatan kedua belah pihak.

Bahkan jika kamu rugi, ada juga persentase yang disepakati. Misalnya, jika sebuah restoran merugi, pemilik modal membayar persentase yang lebih tinggi karena karyawan yang menjalankan perusahaan bekerja lebih keras, sehingga semakin besar kerugiannya, semakin besar pula bebannya.

Mato sendiri dalam bahasa Minangkabau berarti poin. Mato digunakan sebagai dasar untuk menghitung dividen per karyawan, yang dilakukan setiap 100 hari sekali. Ini berbeda dengan sistem gaji atau pembayaran bulanan.

Skor setiap karyawan yang terlibat dalam operasi restoran sehari-hari tergantung pada “posisi” yang ditempati karyawan tersebut.

Koki adalah orang yang menentukan kualitas dan rasa hidangan, jadi dia menyimpan skor tertinggi. Di tangan koki ini, pekerjaan Restoran Padang diputuskan. Koki tepercaya dapat memikat pelanggan kembali.

Kemudian, pada gilirannya, departemen keuangan (kasir dan beberapa kasir) dan layanan atau palung.

Di bagian keuangan, rumah makan Padang biasanya terdiri dari seorang kepala kasir dan beberapa asisten kasir. Departemen ini menerima pembayaran dari konsumen dan bertanggung jawab untuk membayar pembelian.

Bagian terakhir yaitu unit pelayanan atau “palung” dalam istilah Minangkabau, mengacu pada orang yang bertanggung jawab untuk menempatkan pesanan di meja, menata, menyajikan, menjaga meja dan peralatan makan tetap bersih dan rapi, dan menjaga kebersihan ruangan.

Itulah sistem yang harus dipahami ketika kamu mau buka resto padang.

Demikian artikel ini dibuat untuk menambah wawasan.

Semoga bermanfaat.