Bisnis Kamu Berkembang? Mau Rekrut Karyawan Baru? Ada Tips Untuk Memilih Karyawan Baru

Bisnis Kamu Berkembang? Mau Rekrut Karyawan Baru? Ada Tips Untuk Memilih Karyawan Baru

Bisnis Kamu Berkembang? Mau Rekrut Karyawan Baru? Ada Tips Untuk Memilih Karyawan Baru – Saat bisnis kamu mulai berkembang dan kamu sebagai pemilik membutuhkan lebih banyak orang untuk terlibat, tentunya perlu merekrut karyawan lagi.

Rekrutmen memang gampang-gampang sulit, bagi pelaku UMKM. Terlebih, selama ini bisnis yang kamu jalankan dengan anggota keluarga dekat. Sementara itu, seiring dengan berkembangnya bisnis, keterlibatan orang lain menjadi kebutuhan yang nyata.

Melibatkan orang lain dalam bisnis yang sebelumnya dikelola sendiri pada akhirnya akan membutuhkan berbagai kesesuaian. Ini bukan hanya soal kepercayaan, ini juga soal chemistry.

Jadi, sebelum merekrut karywan baru, ada baiknya mempertimbangkan tips berikut:

1. Lakukan Rekrutmen Karyawan Baru Ketika Dibutuhkan Pasti

Rekrutmen bukan hanya sekedar iseng. Apalagi kamu merekrut karena kamu membutuhkan mereka.

Untuk menghindari pemborosan uang untuk karyawan yang digaji, sebaiknya karyawan potensial mengisi posisi tertentu yang tidak dapat ditangani oleh tim kamu saat ini.

Jangan mempekerjakan karyawan baru apabila belum ada kebutuhan posisi yang pasti, Itu membuat karyawan yang kamu rekrut tidak nyaman karena mereka tidak punya pekerjaan yang akan dikerjakan selain membuang-buang uang untuk membayar gaji mereka.

2. Temukan Referensi Dari Orang Dekat Atau Kenalan Yang Sebelumnya Sudah Dikenal

Meskipun kamu tidak bermaksud pilih kasih, merekrut seseorang yang dekat dengan kamu atau mencari saran dari seorang teman setidaknya dapat membantu kamu menemukan calon karyawan yang berkualitas.

Seperti diketahui, pelaku UMKM membutuhkan kecepatan untuk menangkap peluang yang ada. Jadi, merekrut orang yang dekat dengan kamu akan membantu menghemat waktu kamu dalam proses perekrutan.

3. Periksa Reputasi Calon Karyawan

Bahkan jika kamu sudah memiliki calon karyawan potensial, tidak ada salahnya untuk memeriksa ulang latar belakang dan kinerja sebelumnya.

Kamu dapat bertanya kepada tetangga, rekan kerja lain, atau teman sekolah yang mengetahui tentang catatan karyawan potensial. Ini penting untuk memastikan tidak ada masalah tersembunyi dengan perekrut.

4. Libatkan Tim Kamu Dalam Proses Perekrutan.

Melibatkan tim akan memberi kamu informasi tentang siapa orang yang tepat untuk mengisi posisi yang diusulkan.

Keterlibatan Tim juga membantu kamu menemukan calon karyawan yang sudah cocok dengan tim kamu saat ini.

5. Menawarkan Manfaat Yang Lebih Baik Dari Pesaing

Untuk menjaga loyalitas dan semangat, tawarkan kepada calon karyawan berbagai manfaat yang lebih baik dari yang ditawarkan oleh pesaing atau pelaku usaha lainnya.

Dengan cara ini, misalnya, dengan bonus akhir tahun yang menarik, dengan cara seperti ini akan menambah semangat calon karyawan kamu.

Nah, itulah tips memilih karyawan baru untuk dipekerjakan oleh kamu.

Demikian artikel ini dibuat untuk menambah wawasan