Sandiaga Uno: Pemasaran Melalui Metaverse Adalah Suatu Hal Keniscayaan

Sandiaga Uno: Pemasaran Melalui Metaverse Adalah Suatu Hal Keniscayaan

Sandiaga Uno: Pemasaran Melalui Metaverse Adalah Suatu Hal Keniscayaan – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno  mengatakan pemasaran melalui metaverse sangat diperlukan karena digitalisasi semakin cepat dengan potensi yang luar biasa.

Sandiaga mengatakan Bloomberg memprediksi bahwa metaverse akan menjadi masa depan Internet, senilai $800 miliar pada tahun 2024, dan bahwa pada tahun 2026, 25% dari populasi dunia akan menghabiskan sekitar satu jam sehari di metaverse.

“Berarti mereka akan bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apapun termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse. Ada di dalam ruang meta yang tentunya harus kita lakukan langkah-langkah terobosan dari empat tahun sebelum itu,” kata Sandiaga lewat keterangan resmi, Kamis (18/8/2022).

Dikatakan bahwa pemerintah harus bergerak maju dan mendorong semua pihak untuk memastikan bahwa semua pihak meningkatkan kesejahteraan mereka.

Di bawah arahan Presiden Joko Widodo, transformasi digital ini, termasuk metaverse, harus mendorong kedaulatan dan kemandirian digital Indonesia.

“Dalam transformasi ini, jangan sampai justru kita menjadi tamu di tanah kita sendiri. Bagaimana kita bisa menghadirkan konten-konten kreatif dan kekuatan digitalisasi kita berdasarkan Pancasila dan kebhinekaan dengan tentunya berakar pada kearifan lokal yang kita miliki,” ucapnya.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperkenalkan platform “WonderVerse Indonesia” sebagai bagian dari upayanya merevitalisasi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia secara digital interaktif.

Pengembangan metaverse “WonderVerse Indonesia” bekerjasama dengan PT Magnus Digital Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Chief Executive Officer (CEO) Magnus Digital Indonesia Hendra Liman.

Platform “WonderVerse Indonesia” diharapkan dapat menjadi alat pengubah untuk revitalisasi ekonomi kreatif Indonesia di masa depan.

“Ini adalah langkah awal dari begitu banyak prestasi yang harus kita capai, dan ini juga bertepatan dengan momentum kemerdekaan kita ke-77 untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Saya harapkan pelaku industri dan UMKM harus siap mengisi dengan produk-produk ekonomi kreatifnya dan destinasi wisata dipasarkan secara virtual,” ujar dia

CEO Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman menjelaskan WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian yang disebut :Land”, yang mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan.

Yang pertama adalah “Lobby”, bagian dimana pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan unik, galeri lukisan seniman Indonesia dan tersedia layar lebar.

Berikutnya adalah “WonderFUN Land”, yang menawarkan berbagai permainan dan hiburan Indonesia seperti pertunjukan wayang dan tarian.

Kemudian ‘WonderGoods Land’ dimana pengunjung dapat bertransaksi dengan barang-barang khas Indonesia yang dijual oleh para pelaku industri pariwisata.

Bagian terakhir adalah “WonderREAL Land”, dimana pengunjung dapat langsung membeli tiket pesawat, hotel dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Hendra Liman mengatakan, “Kami berharap MetaVerse Indonesia dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia ke mata dunia. WonderVerse Indonesia dapat memberikan manfaat yang besar untuk Indonesia dari sisi digital, dari sisi travel dan terutama dari sisi ekonomi kreatif.”

Hendra mengatakan saat ini MetaVerse Indonesia masih dalam tahap perbaikan dan akan mulai memasuki kuartal keempat tahun 2022.