7 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Memisahkan Antara Rekening Bisnis Dan Pribadi Anda

7 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Memisahkan Antara Rekening Bisnis Dan Pribadi Anda

7 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Memisahkan Antara Rekening Bisnis Dan Pribadi Anda – Sebelum memulai bisnis, seorang wirausahawan harus mempelajari manajemen keuangan yang baik.

Masalah manajemen keuangan menjadi masalah jika Anda tidak memikirkan atau merencanakan dari awal. Hal ini karena perkembangan atau kekurangan suatu usaha tidak lepas dari kesehatan posisi keuangannya.

Salah satu cara sederhana untuk mempraktikkan manajemen keuangan adalah dengan memisahkan akun pribadi dan bisnis Anda.

Mengapa ini sangat penting di tempat kerja? Simak beberapa alasannya di bawah ini:

1. Untuk memeriksa total aset kamu

Selain menyiapkan modal untuk mendirikan suatu usaha, kamu juga harus mempertimbangkan untuk menyimpan persediaan barang atau peralatan untuk mendukung operasional bisnis kamu.

Jika bisnis tumbuh secepat yang diharapkan, jumlah stok peralatan ini pasti akan meningkat. Untuk itulah pemisahan rekening diperlukan agar nantinya kamu dapat dengan mudah mengetahui total aset dari usaha kamu.

Di sini kamu dapat melihat berapa banyak keuntungan yang diperoleh sejak memulai usaha kamu sebagai pengusaha. Jika tidak sesuai dengan jumlah yang diharapkan, kamu tahu di mana letak kesalahannya dan dapat segera memperbaikinya.

2. Mudah membayar pajak usaha

Tanggung jawab pembayaran pajak menjadi tanggung jawab semua pelaku usaha yang. Bayangkan ketika rekening pribadi dan bisnis digabungkan, proses penghitungan aset menjadi kacau. Sulit untuk menghitung jumlah transaksi yang dilakukan selama usaha kamu sedang berjalan.

Namun, dengan memisahkan rekening memudahkan untuk menghitung dan membayar pajak. Ini akan mencegah kamu membayar lebih atau kurang membayar pajak, sehingga tidak akan menjadi masalah di masa depan.

3. Mengetahui seberapa baik kinerja usaha kamu

Sebagai seorang pelaku usaha, pasti ingin bisnis kamu berjalan dengan lancar dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Situasi ini dapat dengan mudah dilihat dengan melihat kinerja keuangan usaha kamu sejak awal.

Jika keuntungan bertambah maka artinya usaha kamu dalam kategori sehat.

Memisahkan rekening pribadi dan bisnis dari awal memudahkan untuk melihat kinerja usaha kamu.

Sehingga kamu tidak perlu lama-lama menghitung besarnya biaya untuk mengetahui berapa keuntungan yang sudah kamu peroleh.

4. Aman untuk penggunaan dana usaha

Inilah salah satu alasan mengapa kita perlu memisahkan rekening pribadi dan bisnis.

Ketika keuangan digabungkan, pendapatan usaha dapat diakui sebagai uang pribadi. Kamu merasa bahwa kamu memiliki banyak uang untuk dibelanjakan, padahal itu bukan uang pribadi.

Bisa dibayangkan betapa kacaunya posisi keuangan usaha jika hal ini terjadi. Jika suatu hari kamu mengalami pengeluaran yang tidak terduga, kamu tidak tahu harus dari mana mengambil uang karena uang itu sudah digunakan untuk keperluan pribadi.

Disarankan untuk melakukan pemisahan keuangan dari awal membuka usaha untuk mencegah penggunaan yang tidak seharusnya.

5. Mudah mengajukan pinjaman

Pengusaha pasti saja mengalami kekurangan modal kekurangan modal, terutama ketika mereka ingin berekspansi. Namun, pembukuan yang jelas setidaknya memudahkan proses peminjaman, karena keuntungan dari kegiatan usaha dapat tercermin dalam laporan keuangan.

Buatlah pembukuan keuangan dengan metode tersendiri, agar tidak tercampur dengan dana pribadi.

Jadi, bank, investor, dan penyedia modal tahu berapa banyak yang bisa mereka pinjamkan usaha mereka agar tetap berjalan lancar. Berharap pinjaman akan dilunasi tepat waktu.

6. Pengambilan keputusan lebih mudah

Ada kalanya kamu membuat keputusan penting, kapan harus ekspansi, kapan harus merencanakan pengeluaran, dan sebagainya. Aktivitas ini hanya dapat dilakukan jika rekening usaha dibuat secara terpisah dari awal.

Sehingga kamu dapat melihat seberapa banyak jumlah saldo selama ini untuk memudahkan penggunaan uang kamu di masa depan.

Tentu saja, untuk rekening pribadi lebih mudah untuk menghitung berapa biaya per bulan dan berapa banyak yang bisa kamu simpan atau investasikan agar situasi keuangan terkendali.

7. Lebih mudah untuk dievaluasi

Alasan terakhir mengapa penting untuk memisahkan rekening pribadi dan bisnis adalah untuk memfasilitasi kebutuhan keuangan saat dibutuhkan nanti. Ada kalanya kamu merasa keuntungan usaha keuangan sedang menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

Catatan keuangan kamu akan memberi tahu ada berapa banyak yang kamu belanjakan dan untuk apa uang digunakan.

Jika pengeluaran untuk operasional usaha ternyata berlebihan, pemotongan dapat dilakukan dengan cepat sebelum masalah keuangan baru muncul. Alhasil, penggunaan dana tepat sasaran.

Sementara itu, jika kamu merasa keuangan usaha tidak terkendali, cobalah sedikit retrospeksi. Benarkah rekening pribadi dan bisnis sudah terpisah? Ini membuatnya lebih mudah untuk mengontrol kesehatan keuangan kamu.