Kamu Punya Bisnis Online Berikut Tips Cara Pengelolaannya

Kamu Punya Bisnis Online? Berikut Tips Cara Pengelolaannya

Kamu Punya Bisnis Online? Berikut Tips Cara Pengelolaannya – Bisnis online sebagian besar dijalankan oleh operator, termasuk bisnis besar dan kecil.

Media sosial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam menjalankan bisnis online. Untuk itu, media sosial harus dikelola dengan baik agar dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi bisnis yang digelutinya.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa diberikan UMKM pemula dalam mengelola media sosial untuk bisnis.

1. Pilih Platform Mana Yang Akan Digunakan

Pilih platform yang tepat untuk produk yang kamu jual, baik itu Instagram, Facebook, Twitter, atau Whatsapp. Saat memilih platform, pertimbangkan adaptasi dengan audiens target utama kamu, profil prospek, tujuan bisnis, riset pesaing, dan kemampuan tim media sosial kamu.

2. Isi Konten Sesuai Kebutuhan Konsumen

Sesuaikan konten yang ditampilkan di akun media sosial kamu berdasarkan target konsumen. Kemudian, buat informasi detail tentang profil audiens yang ingin kamu targetkan, baik dari perspektif demografis maupun psikologis hingga dasar pembuatan konten media sosial.

3. Buat Aturan untuk Tim Media Sosial

Di bawah Kelola akun bisnis kamu, pilih Kelola, lalu siapkan aturan pengelolaan media sosial. Ini harus memastikan bahwa konten yang ditampilkan di media sosial memiliki kualitas yang konsisten.

4. Benchmark Konten

Ini mendefinisikan kriteria atau standar untuk konten di media sosial lain yang dapat digunakan sebagai bukti. Sehingga tim operasi SNS dapat mempelajari konten apa yang akan disiarkan menggunakan masalah yang sedang diduduki.

5. Pertanyaan yang Sering Diajukan

Jangan lupa untuk membuat formulir Frequently Asked Questions (FAQ) di media sosial agar calon pembeli bisa langsung mendapatkan jawaban jika ada pertanyaan.

6. Buat Basis Data

Selalu catat kinerja akun media sosial bisnis kamu, selalu periksa insight secara berkala, lalu evaluasi kinerja akun media sosial bisnis kamu yang sedang berjalan. Di sini kamu akan menemukan bahwasejauhmana penilaian konsumen terhadap produk kamu, apakah berkualitas atau sebaliknya.

Kelolalah dengan baik bisnis kamu agar semakin berkembang dan mempunyai nilai bagus dari konsumen.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat.