Kamu Punya Rumah Luas dan Mempunyai Banyak Kamar? Punya Ide Buka Homestay? Ini Ada Tips Untuk Memulai Bisnis Homestay

Kamu Punya Rumah Luas dan Mempunyai Banyak Kamar? Punya Ide Buka Homestay? Ini Ada Tips Untuk Memulai Bisnis Homestay

Kamu Punya Rumah Luas dan Mempunyai Banyak Kamar? Punya Ide Buka Homestay? Ini Ada Tips Untuk Memulai Bisnis Homestay – Menggunakan rumah sebagai homestay bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan. Selama kamu memilih konsep bisnis yang tepat dan strategi promosi yang tepat, modal kamu tidak akan kembali dalam waktu dua tahun.

Homestay merupakan penginapan yang mempunyai fasilitas lengkap. Terkadang pemilik rumah juga menempati tempat tinggal bersama para tamu.

Tidak jauh dari tempat wisata atau pusat kota, cocok untuk dijadikan bisnis homestay.

Beberapa daerah yang lebih padat penduduknya adalah Yogyakarta dan Banyuwangi, sementara yang lain telah menjadi tujuan wisata seperti Bali.

Namun, tidak perlu berada di kawasan wisata untuk mengembangkan bisnis homestay. kamu bisa menjalankan bisnis homestay asalkan memiliki konsep yang menarik untuk dijual.

Nah, jika kamu tertarik menjalankan bisnis ini, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Menentukan Target Pasar dan Konsep

Sebelum menjalankan homestay, kami menyarankan kamu untuk menentukan target konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan riset di kalangan wisatawan tentang segmen potensial yang dapat menginap di tempat tinggal kamu.

Setelah kamu mengetahui hal ini, putuskan konsep apa yang ingin kamu sampaikan. Upayaka konsep ini sesuai pada target pasar yang kamu targetkan. Hal ini sangat disarankan untuk dilakukan,  ketika kamu memiliki bisnis homestay, kamu akan memiliki banyak pengunjung yang akan menginap.

2. Lokasi

Setelah menentukan target konsumen dan konsep, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi yang sesuai dengan target konsumen.

Misalnya, karena target kamu adalah wisatawan, maka perlu memilih lokasi yang akan digunakan sebagai tempat menginap untuk menginap di dekat tempat wisata. Alternatifnya, jika kamu ingin homestay kamu menjadi incaran wisatawan, pebisnis atau bahkan pelajar, kamu bisa memilih lokasi atau kota dengan tiga tujuan tersebut (misalnya Homestay di Yogyakarta dan Bandung).

3. Pemasaran dan Promosi

Pemasaran harus dilakukan ketika menjalankan bisnis rumahan. Ini agar orang tahu di mana properti kamu. Senyaman apapun menginap, tidak ada gunanya jika tidak diketahui banyak orang.

Ada banyak platform pemasaran dan promosi yang tersedia saat ini. kamu juga bisa mempromosikannya melalui media sosial.

Jangan lupa untuk menunjukkan benefit apa saja yang konsumen terima ketika memilih homestay kamu. Misalnya, harga penawaran lebih murah dibandingkan menginap bersama anggota keluarga lainnya. Atau, layanan dan konsep akomodasi yang menarik dapat digunakan sebagai manfaat homestay.

4. Pelayanan prima

Bisnis homestay adalah bisnis perhotelan. Oleh karena itu, pengalaman yang dirasakan pengunjung menjadi indikator utama keberhasilan bisnis homestay.

Misalnya, kami memberikan layanan terbaik dengan memperlakukan tamu kami dengan baik dan hormat. Kemudian perhatikan faktor kebersihan lingkungan akomodasi.

Nah, itulah tips untuk kamu yang mau memulai bisnis homestay, apalagi rumah kamu memang sangat cocok dijadikan homestay, kamu gak perlu bingung, tinggal tentukan strateginya saja.

Demikian artikel ini dibuat untuk menambah wawasan.

Semoga bermanfaat.