Berikut Adalah Panduan Dan Cara Bisnis Food Truck

Berikut Adalah Panduan Dan Cara Bisnis Food Truck

Berikut Adalah Panduan Dan Cara Bisnis Food Truck – Peluang kerja di tahun 2022 masih terbuka lebar. Kamu dapat mencobanya dengan memilih usaha dibidang kuliner.

Smesco bahkan memprediksi memasak akan terus menjadi tren komersial pada 2022. Salah satu konsep bisnis kuliner yang layak adalah food truck.

Konsep bisnis food truck sendiri merupakan salah satu solusi dari permasalahan sewa ruang dan lahan. Selain itu, bisnis kuliner lokal harus mempertimbangkan biaya sewa dan operasional yang lebih tinggi.

Peluang bisnis food truck ini masih terbuka lebar. Bisnis food truck diketahui telah menghasilkan penjualan yang signifikan selain mengurangi biaya operasional.

Jadi bagaimana Anda memulai bisnis truk makanan? Ini adalah panduan startup truk makanan yang dikutip oleh Lifepal.

1. Pilih jenis makanan dan minuman yang ingin Anda jual.

Untuk memulai bisnis food truck, kamu harus memilih menu terlebih dahulu. Apapun jenisnya, produk adalah hal utama yang harus diperhatikan dengan matang saat memulai bisnis.

Paling banyak yang dijual di food truck biasanya merupakan jenis makanan atau minuman siap pakai yang mudah diolah. Hal ini karena tempat untuk model bisnis ini terbatas. Lakukan studi mendalam tentang bisnis yang baik dan praktis yang kamu kuasai.

2. Modal

Modal perusahaan food truck tersebut tentunya tidak akan cukup besar untuk harus menyewa tanah/bangunan. Modal yang dibutuhkan adalah mobil box, meja kursi, body (aksesoris mobil), peralatan makan dan minum, peralatan dapur, dan genset.

3. Modifikasi Mobil

Agar lebih menarik, kamu bisa memodifikasi mobil terutama dari bagian luarnya. Temukan inspirasi secara online, lihat banyak variasi desain truk makanan yang unik, dan buatlah semenyenangkan mungkin.

Sesuaikan jenis makanan atau minuman yang dijual. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan jasa ahli desain food truck yang bisa kamu percaya. Biaya akan meningkat, tetapi hasilnya akan lebih memuaskan.

4. Pilih lokasi yang strategis

Jika kamu menjalankan bisnis dengan konsep food truck, kamu bisa gerak cepat menyambangi konsumen. Jika ada acara atau keramaian, disitulah salah satu peluang kamu bisa mulai berjualan.

Sebenarnya lebih mudah untuk mempromosikan bisnis kamu di media sosial, tetapi jika kamu memulai bisnis makanan di daerah yang sulit dijangkau, mungkin akan sulit untuk berkembang.

Kelebihan food truck ini adalah bisa mengikuti keramaian.

Namun, konsep tempat berpindah harus diatur dengan cermat. Misalnya, di acara atau hangouts yang sukses, pilih tempat yang strategis untuk berjualan.

5. Penggunaan media sosial

Media sosial kini berperan penting dalam mempromosikan bisnis. kamu dapat menggunakan media sosial untuk memberi tahu pelanggan tentang tujuan dan lokasi food truck kamu.

Jadi, setelah kamu memutuskan nama untuk bisnis kamu, jalankan berbagai promosi di media sosial.

Jangan lupa untuk membuat strategi promosi yang kreatif. Misalnya, jika pelanggan mengikuti dan mengunggah segala sesuatu tentang bisnis food truck kamu, mereka akan menerima satu produk gratis.

6. Undang EO untuk menjallin kerjasama dengan kamu.

Manfaat lain dari bisnis restoran ini adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan event organizer (EO). Ini seperti bisa menjadi mitra resmi setiap kali EO membuat penawaran.

Kamu juga dapat bekerja sama dengan pemilik gedung/tanah untuk menyewakan halaman depan gedung. Misalnya pada sore hari kamu bisa menyewa hingga malam hari. Harga sewanya pasti tidak semahal harus menyewa gedung.

nah, itulah kiat untuk memulai bisnis foof truck.

Semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel ini dibuat untuk menambah wawasan.