Berbagi Tips Untuk Event Organizer Agar Sukses Didalam Persaingan

Berbagi Tips Untuk Event Organizer Agar Sukses Didalam Persaingan

Berbagi Tips Untuk Event Organizer Agar Sukses Didalam Persaingan – Salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini adalah event organizer atau EO. Sebuah bisnis yang menyediakan layanan untuk menyelenggarakan acara.

Acara terkait seperti pertunjukan, pidato, pernikahan, ulang tahun, seminar, konser, gathering, wisuda perguruan tinggi, bazaar, pameran dan acara penting lainnya.

Yang tidak mau repot dengan acara penting bisa menggunakan jasa EO untuk mengurus semuanya. anda hanya harus menerimanya.

Bagi mereka yang ingin memulai bisnis kurasi acara, berikut adalah beberapa tips untuk tumbuh, berhasil, dan bahkan memenangkan persaingan, seperti dikutip dari Cermati.com

  • Kreatif dan selalu ikuti tren

Pelaku komersial dalam organisasi acara membutuhkan keterampilan berpikir kreatif. Dapatkan ide-ide baru, menarik dan unik untuk mengatur acara Anda dan membuatnya lucu dan meriah.

Penting juga untuk memasuki bisnis EO untuk mengikuti tren. Apa perkembangan tren terbaru yang dapat anda sajikan kepada klien?

  • Tim yang solid

Bisnis event organizer membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM). Anda dapat mempekerjakan karyawan sebagai tim yang tetap, tetapi Anda juga dapat menggunakan layanan freelancer sebagai karyawan tambahan.

Jadi, jika itu acara kecil yang membutuhkan sedikit kru EO, Anda dapat menggunakan tim tetap. Kecuali itu acara besar, gunakan jasa freelancer yang selalu siap sedia saat Anda membutuhkannya untuk membantu tim anda.

Pastikan tim yang anda bangun solid. Sehingga mereka bekerja sama dengan baik dan membuat setiap acara yang anda tangani sukses.

  • Memiliki keterampilan dan pengalaman

Mempunyai bisnis EO harus memiliki keterampilan dasar seperti konseptualisasi, perencanaan yang baik, analisis biaya atau sumber daya keuangan, dan kemampuan untuk bekerja dengan satu tim atau yang lain (misalnya, organisasi majikan lain jika lebih dari satu eksekutif dipekerjakan).

Selain keterampilan tersebut, orang lain dapat melihat keahlian atau pengalaman anda dalam bisnis EO sebelum mengambil keputusan. Apa latar belakang anda, apakah anda pernah berpengalaman juga.

Jenis acara apa yang pernah ditangani EO anda, siapa yang telah menggunakan jasa EO anda, dan apa pendapat anda tentang penggunaan layanan EO Anda?

Semua ini dianggap sebagai pertimbangan, karena calon klien tidak ingin tertipu seperti korban penipuan EO. Acara dikorupsi karena dana ditarik atau EO tidak profesional dan acara tidak berjalan lancar.

Pengalaman seperti ini memudahkan anda menjalankan bisnis dengan tenang. anda akan memiliki keterampilan penting untuk memberikan solusi untuk mengelola berbagai tantangan bisnis EO anda.

Harus dipastikan juga anda meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Misalnya, asah kemampuan komunikasi anda untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan dan mewujudkan berbagai proyek acara.

  • Perluas jaringan atau jaringan bisnis

Agar EO berhasil, ia harus memiliki jaringan bisnis yang kuat, seperti hubungan dan sponsor. anda dapat memperluas jaringan anda dengan cara apa pun.

Misalnya bergabung dengan forum/komunitas/asosiasi, kemudian bertukar kartu nama dan bertukar pengalaman bisnis. Ini akan memberi Anda lebih banyak kontak yang berguna untuk bisnis Anda.

Suatu hari, tiba-tiba, orang yang ingin bertemu dan menggunakan layanan EO anda akan menelepon anda atau mereka ingin mensponsori acara yang anda buat.

  • Membangun kepercayaan dan memberikan pelayanan terbaik

Kunci sukses bisnis adalah kepercayaan dan pelayanan. Kepercayaan itu sangat mahal.

Jika anda merusak kepercayaan pelanggan sedikit saja, pelanggan tidak akan pernah menggunakan layanan EO lagi. Mereka juga memberikan peringkat atau komentar buruk di media sosial, situs web perusahaan, dll.

Di sisi lain, jika kepercayaan mereka dijaga dengan baik, mereka akan menjadi pelanggan setia. Akan selalu datang lagi dan lagi.

meskipun layanan. Kami melayani pelanggan kami dengan hormat, kebaikan dan ketulusan. Baik itu pelanggan orang biasa, antar pejabat, atau “Sultan”. Perlakukan mereka semua sama.

Kepercayaan dan layanan sangat penting bagi kelangsungan bisnis EO anda. Publikasikan atau promosikan kepada orang lain ketika pelanggan senang dan puas. Menjadi alat promosi gratis untuk bisnis anda.

  • Siapkan modal yang cukup

Apakah anda ingin memulai bisnis EO? Siapkan modal yang cukup. anda dapat memiliki kantor di rumah, tetapi membangun bisnis ini akan memerlukan biaya seperti gaji pekerja, biaya pementasan acara, dan peralatan kantor seperti HT untuk komunikasi tim-ke-tim dan lain sebagainya.

Nah, itulah tips bisnis EO agar tetap menjadi primadona bagi klien. Bahkan klien akan loyal terhadap bisnis EO anda dikarenakan merasa puas dengan pelayanan anda.

Demikianlah artikel ini dibuat untuk menambah wawasan.