Anda Pelaku UMKM? Betapa Pentingnya Legalitas. Fahami!

Anda Pelaku UMKM? Betapa Pentingnya Legalitas. Fahami!

Anda Pelaku UMKM? Betapa Pentingnya Legalitas. Fahami! – Mencatat peningkatan tajam UKM di Indonesia.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat lebih dari 60 juta usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia pada tahun 2020. Namun, jumlah yang tinggi tersebut tidak sebanding dengan tingkat kesadaran akan pentingnya legitimasi dalam melakukan bisnis.

CEO Legalku Muhammed Philosofy mengatakan legitimasi pelaku komersial sangat penting untuk mendapatkan kepastian perlindungan hukum.

“Pentingnya legitimasi bisnis karena mencakup identitas usaha, pengakuan hukum, usaha sebagai entitas yang terpisah dari individu, kemudahan dalam pembiayaan, kemudahan dalam ekspansi lintas batas, dan perlindungan hukum. Untuk pemilik bisnis.” Dia menjelaskan dalam keterangan resmi, Rabu (2/2/2022).

Dia menambahkan bahwa dokumentasi bisnis lengkap yang dimiliki memungkinkan usaha kecil untuk mendapatkan dukungan investor dan meminjamkan uang ke bank untuk pengembangan bisnis.

Selanjutnya, dengan memperoleh izin komersial, kegiatan komersial yang dilakukan tidak menghadapi risiko seperti eksekusi atau pembongkaran.

Mungkin ada pelaku usaha yang meyakini operasionalnya selama ini tidak bermasalah. Namun untuk menceritakan fakta di lapangan, dibutuhkan satu  extraordinary case atau investigasi untuk menutup sebuah usaha. “Dengan legitimasi, kita bisa menghilangkan risiko ini,” tambahnya.

Nah, itulah info mengenai legalitas.

Ayo jangan biarkan usaha yang sudah anda rintis menjadi sia-sia hanya karena tidak mempunyai legalitas.

Demikian artikel ini dibuat untuk menambah wawasan.