Ada Tiga Desa Binaan Astra Lakukan Ekspor Pertama 

Ada Tiga Desa Binaan Astra Lakukan Ekspor Pertama 

Ada Tiga Desa Binaan Astra Lakukan Ekspor Pertama – Di bawah binaan PT Astra International Tbk, tiga desa menjadi yang pertama mengekspor produk unggulan berkualitas tinggi senilai Rp. 6,5 miliar ke pasar dunia.

Desa binaan Astra atau Desa Sejahtera Astra (DSA) yang melakukan ekspor adalah DSA Wakatobi, DSA Bombana dan DSA Bone. Desa ini mengekspor produknya berupa perikanan, ganggang dan minyak nilam.

Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra, mengatakan Astra menyadari bahwa kegiatan berbasis bisnis seperti UMKM, startup, dan perusahaan pengembangan produk lokal berperan penting dalam memastikan ketahanan ekonomi Indonesia.

Dalam keterangan resminya, Jumat (12/8/2022), ia mengatakan, “Melalui ekspor produk DSA ini, Astra berharap bahwa semangat untuk mengembangkan produk unggulan berdasarkan potensi lokal dapat terus dikembangkan dan bersinergi dengan segenap stakeholders terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan Muhammad Ilyas mengapresiasi upaya ASTRA membangun sinergi melalui program DSA untuk membangun program peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat.

Muhammad Elias mengatakan: “Kami sangat mengapresiasi Astra yang telah membantu satu kegiatan terobosan yang inovatif terutama dalam mendorong desa-desa di pesisir untuk meningkatkan nilai tambah dari segi kualitas produk perikanan sehingga bisa memiliki nilai ekspor.”

Hingga saat ini, Astra telah menjalankan 930 DSA di 34 kabupaten dengan program yang berfokus pada peningkatan ekonomi masyarakat dan pengembangan kemampuan produk desa yang unggul melalui empat kelompok produk: Kami sangat mengapresiasi Astra yang telah membantu satu kegiatan terobosan yang inovatif terutama dalam mendorong desa-desa di pesisir untuk meningkatkan nilai tambah dari segi kualitas produk perikanan sehingga bisa memiliki nilai ekspor,

Berbagai kegiatan Astra dalam melaksanakan program DSA meliputi pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, dukungan infrastruktur, promosi modal komersial, dan dukungan pemasaran untuk menciptakan role model DSA mandiri sebagai standar regional atau nasional.

Melalui program DSA, Astra telah membantu menciptakan manfaat bagi masyarakat, seperti menciptakan 19.190 lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan rata-rata sebesar 88%, dan membantu menciptakan ekspor 94 jenis produk premium di 232 desa dengan total nilai transaksi Rp. 22,57 miliar dari akhir 2019 hingga Juli 2022.

Negara tujuan ekspor produk unggulan DSA adalah Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Prancis, Inggris, Australia, India, Pakistan, Uni Emirat Arab, Yordania, Yaman, Jepang, Cina, dan Malaysia.