Memperingati Hari UMKM Nasional, Google Bersama KemenKopUKM Melatih Pelaku UMKM Di 10 Provinsi

Memperingati Hari UMKM Nasional, Google Bersama KemenKopUKM Melatih Pelaku UMKM Di 10 Provinsi

Memperingati Hari UMKM Nasional, Google Bersama KemenKopUKM Melatih Pelaku UMKM Di 10 Provinsi – Google bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) akan memberikan sejumlah pelatihan untuk pelaku UMKM di 10 Provinsi.

Pelatihan yang diberikan kepada pelaku UMKM mencakup pelatihan strategi konten dan pemasaran digital, cara menyediakan e-commerce, cara agar tetap aman saat online, dan cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Penelusuran dan Google Maps.

“Pada Hari UMKM Nasional 2022 ini, senang rasanya kami dapat memperluas program pelatihan kami ke wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan beberapa provinsi lainnya,” kataDirector of Government Relations and Public Policydi Google Indonesia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Adapun akan digelar secara offline dan dilakukan menggunakan pelatihan disebut pelatihan yang disusun berdasarkan Program Grow with Google, atau biasa GWG. Para peserta pelatihan merupakan pelaku UMKM yang bernaung di bawah KemenKopUKM dan sudah mendaftar pelatihan.

“Kami memahami kebutuhan usaha kecil di sana untuk mencari konsumen dan akan bekerja sama dengan Kemenkop untuk membantu usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan,” ujar Putri.

Sejak tahun 2015 Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM. Selain itu, Google dan menjalankan berbagai program bersama, antara lain program melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (Kemenpar), bidang ekspor (Kemenperin), serta Digital Enterpreneurship Academy (Kemenkominfo).

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM, Siti Azizah mengatakan, inisiatif kolaborasi bersama Google merupakan upaya pendampingan untuk pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha melalui program#BerubahDigital di 10 provinsi di Indonesia.

Lewat program#BerubahDigital, parapelaku Koperasi, UMKM, dan wirausaha diharapkan menemukan lebih banyak konsumen di dalam Negeri dan bahkan hingga ke Asia Tenggara.

“KemenKopUKM berkomitmen untuk membantu lebih banyak UMKM go digital dengan mewujudkan perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan”. ucap Siti Azizah.

KemenkopUKM memiliki target 30 juta UKM beralih ke digital di Indonesia hingga tahun 2024. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait digitalisasi UMKM.

Berbanggalah menjadi pelaku UMKM.

Demikian artikel ini dibuat.

Semoga bermanfaat.