Bagi Kalian Pelaku UMKM Yang Ingin Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Ini Rincian Biayanya

Bagi Kalian Pelaku UMKM Yang Ingin Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Ini Rincian Biayanya 

Bagi Kalian Pelaku UMKM Yang Ingin Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Ini Rincian Biayanya – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengingatkan masyarakat, khususnya UMKM, akan pentingnya literasi dan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Fajar BS Lase, Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Bidang Transformasi Digital, mengatakan hanya 10% dari 64 juta UMKM di Indonesia yang telah mendaftar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Hal ini menunjukkan rendahnya kesadaran akan perlindungan produk.

Ia mengatakan dalam keterangan yang dilansir Antara, Jumat (12/8/2022): .”

UMKM yang tidak melindungi kekayaan intelektualnya ke DJKI Kemenkumham berpotensi HAKI nya diklaim oleh UMKM lain, dibajak hingga dapat dipergunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Misalnya, orang lain melihat bisnis kamu ini kemungkinan besar akan berkembang. Suatu saat mereka bisa mencuri ide dan mendaftarkan kekayaan intelektual,” katanya.

Oleh karena itu, setiap orang, terutama pelaku UMKM, harus mengetahui dan menyadari pentingnya melindungi kekayaan intelektual. Jangan biarkan siapa pun mencuri ide atau kekayaan intelektual kamu dikelola dan didaftarkan, setelah didaftarkan dimiliki..

  • Biaya Pendaftaran

Sekarang ini, DJKI memberikan penghematan biaya dan kemudahan aplikasi pendaftaran HAKI bagi pelaku UMKM. DJKI juga memberikan inovasi dalam pelayanan publik seperti aplikasi online untuk permohonan dan pendaftaran hak kekayaan intelektual.

Pendaftaran hak cipta selain perangkat lunak Rp. 200.000, dengan hak cipta dalam bentuk perangkat lunak  Rp. 300.000.

Bea khusus lain untuk pendaftaran merek ditawarkan sebesar Rp. 500.000., Rp 250.000 untuk pendaftaran desain industri dan Rp 550.000 untuk satu set desain.

Kemudian, untuk pendaftaran paten, UMKM juga diberikan keringanan biaya Rp. 200.000 untuk kategori paten sederhana dan Rp. 300.000 untuk kategori paten.

Ayo segera daftarkan ide kerativitas kalian, agar terlindungi oleh aturan yang sudah ditetapkan.

Demikian artikel tentang biaya pendaftaran haki ini dibuat.

Semoga bermanfaat.