Punya Bisnis Herbal? Ada Tanaman Asal Kalimantan Bisa Dijadikan Bahan Baku

Punya Bisnis Herbal? Ada Tanaman Asal Kalimantan Bisa Dijadikan Bahan Baku

Punya Bisnis Herbal? Ada Tanaman Asal Kalimantan Bisa Dijadikan Bahan Baku – Pulau Kalimantan kaya akan keanekaragaman hayati termasuk tumbuhan berkhasiat.

Sejak awal, penduduk asli Kalimantan telah menggunakan tanaman atau herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Seiring berjalannya waktu, tanaman herbal semakin populer sebagai terapi alternatif yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit secara mandiri sebagai pengobatan lini pertama.

Sekaligus dapat memberikan peluang bagi UMKM untuk menjalankan usaha obat tradisionalnya melalui pemanfaatan tanaman yang berasal dari tanah Kalimantan.

Kamis (19 Mei 2022), mengutip siaran pers dari Pupuk Kaltim, kami memperkenalkan beberapa tanaman dari Kalimantan yang dapat ditanam dan digunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

  • Pasak Bumi

Tanaman pasak bumi yang memiliki nama latin Eurycoma longifolia ini banyak ditemukan di Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Tanaman ini mengandung senyawa antioksidan, anti inflamasi, dan antibakteri yang dapat memberikan berbagai manfaat bila dikonsumsi.

Pasak bumi terkenal secara internasional sebagai bahan revitalisasi pria. Tanaman ini juga efektif dalam meningkatkan massa otot, menjaga stamina, menghilangkan stres, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Bawang Dayak

Dikenal di Kalimantan Timur sebagai bawang tiwai, tanaman ini memiliki nama latin Eleutherine palmifolia (L.) Merr, lebih kecil dari daun bawang biasa, memiliki warna merah cerah, dan memiliki permukaan kulit yang lebih halus.

Tanaman ini sering ditanam di pekarangan masyarakat pedesaan Kalimantan karena bagian umbi dari bawang merah dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Beberapa manfaat tanaman ini antara lain menurunkan kadar kolesterol, berpotensi mencegah penyakit jantung, membantu mengatasi gejala tidak menyenangkan pada wanita pascamenopause, meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause dan mengobati infeksi.

  • Kenanga

Bunga dari pohon kenanga atau Cananga Odorata terkenal dengan aromanya yang harum. Selain itu, bunga quinanga memiliki manfaat kesehatan yang biasanya berasal dari kandungan minyak atsiri yang dikandungnya.

Minyak ini digunakan dalam aromaterapi untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, mencegah dan meredakan gejala asma, dan mengobati infeksi jamur.

Dalam komunitas multi obat, bunga kinanga digunakan untuk mengobati kram menstruasi, dan kulit bagian dalam pohon kinanga digunakan sebagai penangkal hewan berbisa.

Selain itu, tanaman obat ini sering digunakan sebagai bahan baku suplemen kesehatan dan produk manufaktur lainnya yang juga bermanfaat bagi tubuh.

Nah, itulah informasi tentang tanaman yang berasala dari Kalimantan bisa dijadikan bahan baku obat herbal.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat.