Mocaf Bisa Menjadi Pengganti Terigu, Nah, Apa Saja Keuntungan Mocaf Untuk Bisnis Kuliner? 

Mocaf Bisa Menjadi Pengganti Terigu, Nah, Apa Saja Keuntungan Mocaf Untuk Bisnis Kuliner? 

Mocaf Bisa Menjadi Pengganti Terigu, Nah, Apa Saja Keuntungan Mocaf Untuk Bisnis Kuliner? – Baru-baru ini tersiar kabar bahwa India melarang ekspor gandum sebagai antisipasi krisis pangan akibat gelombang panas.

Sementara itu, Ukraina juga mengalami krisis politik dan keamanan akibat invasi Rusia. Hal ini dapat mengganggu pasokan gandum ke pasar internasional.

Apa yang terjadi di India dan Ukraina tentu akan mempengaruhi kenaikan harga gandum di pasar internasional. Padahal, Indonesia mengimpor komoditas tersebut untuk memenuhi bahan baku pangan, mulai dari roti hingga pasta.

Bagi UMKM, hal ini harus diantisipasi agar dapat menekan biaya bahan baku yang tinggi. Salah satu cara untuk memprediksinya adalah dengan menggunakan bahan baku alternatif yaitu tepung mocav.

Mengutip situs Kementerian Pertanian,cybex.pertanian.go.id, mocaf adalah singkatan dari Modified Cassava Flour atau tepung singkong yang dimodifikasi.

Disebut varian karena tepung yang diproduksi menggunakan fermentasi mikroba atau enzimatis selama pembuatannya memiliki tekstur yang lebih halus dan tidak lagi memiliki bau khas singkong.

“Mocaf sangat baik digunakan sebagai bahan campuran atau substitusi pembuatan makanan yang selama ini menggunakan tepung terigu. Bahkan di banyak olahan, makanan bisa menggunakan 100 persen mocaf,” tulis Kementan sebagaimana dikutip pada Selasa (17/5/2022).

Mocaf yang dihasilkan melalui fermentasi mengalami perubahan sifat fisik berupa peningkatan viskositas (daya rekat), daya gelasi, daya rehidrasi, dan kelarutan (solubility). Kondisi ini membuat tepung mokabe lebih konsisten dibandingkan tepung tapioka, tepung singkong atau tepung singkong biasa.

Kelebihan mocav

Masih Mengutip dari Kementerian Pertanian, tepung mocaf memiliki banyak manfaat, antara lain halal dan kesehatan. Karena bebas gluten, dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dan pasien gastrointestinal. Ini memiliki kandungan serat tertinggi dari semua jenis tepung. kandungan lemak rendah.

Lainnya lebih mudah dicerna karena difermentasi. pengolahan biologis alami (organik); Tanpa bahan kimia (tanpa pengawet dan pewarna); Mengandung scopolitin, yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mengingat berbagai keunggulannya, bubuk mocaf tentunya dapat digunakan secara luas sebagai bahan dalam berbagai makanan.

Selama ini bahan baku makanan olahan yang dapat menggunakan mocaf sebagai bahan baku antara lain roti tawar; kue kering, kerupuk dan berbagai biskuit lainnya; Pasta, muffin, kue putih salju, brownies, custard, dan banyak kue lainnya serta makanan olahan.

USDA menulis, “Bahkan dalam berbagai eksperimen yang dilakukan oleh praktisi makanan olahan di atas, sebenarnya didefinisikan sebagai 100% bebas gandum atau sering bebas gluten.”