FIF Group Menyalurkan Dana Bergulir Kepada 550 UMKM

FIF Group Menyalurkan Dana Bergulir Kepada 550 UMKM

FIF Group Menyalurkan Dana Bergulir Kepada 550 UMKM, – PT Federal International Finance, anak usaha PT Astra International Tbk menyalurkan dana bergulir kepada 550 UMKM

Program ini ditandai Kick Off yang dirangkai bersamaan dengan webinar bertajuk “UMKM Melek Digital Menuju Masa Endemi” pada Selasa, 24 Mei 2022.

Margono Tanwijaya, Chief Executive Officer FIFGROUP, mengatakan program dana bergulir untuk UMKM sejalan dengan strategi roadmap Astra Triple-P yang fokus pada kegiatan yang berdampak nyata bagi masyarakat.

“Hal ini untuk mendukung Environment, Social, and Governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (24/5/2022).

Dalam program ini, FIFGROUP bekerja sama dengan ESR Astra serta organisasi afiliasi Astra seperti Yayasan Dharma Pakti Astra, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Honda Motor Astra dan Yayasan Amalia Astra.

Selain menawarkan pinjaman bergulir, program ini memantau keuangan semua UMKM. Berharap UMKM dapat mendorong mereka untuk mendaftar kelas.

ESR Division Head Astra, Diah Suran Febrianti memaparkan program tersebut sebagai implementasi dari program keberlanjutan Astra yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Lebih dari 15.000 UMKM yang menjadi binaan Grup Astra dan 2,5 juta orang merasakan dampak dari setiap program Astra,” kata Diah, “bukti nyata kontribusi Astra untuk Indonesia.”

Dalam program ini, FIF GROUP menyalurkan bantuan modal dari dana sosial yang sah. Dukungan ini merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban dan membantu memajukan UMKM yang sehat.

Pada tahun 2022, sekitar 1,9 miliar rupee dana sosial syariah dari FIF GROUP disalurkan ke lebih dari 550 UMKM di bawah program ini.

Dari 2016 hingga 2021, total 803 UMKM menerima total dana lebih dari Rp. 2,31 miliar.

Pada tahun 2022, target FIFGROUP adalah 550 UMKM dengan total dana bantuan sebesar Rp. 1,9 miliar, dan total penerima bantuan dana bergulir adalah 1353 UMKM dengan nominal bantuan Rp. 4,2 miliar.