Rahasia Sukses Membuka Bisnis Wisata Open Trip agar Banyak Pelanggan

Rahasia Sukses Membuka Bisnis Wisata Open Trip agar Banyak Pelanggan

Rahasia Sukses Membuka Bisnis Wisata Open Trip agar Banyak Pelanggan, – Kamu pasti pernah Open Trip, sebuah kegiatan wisata yang diselenggarakan oleh penyelenggara dengan peserta terbuka dari berbagai kalangan.

Saat ini, banyak open tour operator adalah mahasiswa. Mereka telah membuka paket wisata ke daerah-daerah yang sudah dikenal seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Pengalengan-Kebun Strawberry-Kawah Putih di Bandung, Eksplorasi Tiga Pulau di Kepulauan Seribu dan destinasi lainnya.

Selain menghasilkan uang, buka perjalanan bisnis dan buat hobi traveling. Peluang dan kemungkinan sangat bagus. Apalagi setelah pandemi Covid-19, banyak orang yang melewatkan perjalanan dan kesenangan.

Paket wisata terbuka benar-benar pilihan liburan yang hemat anggaran. Secara umum, tur wisata terbuka menawarkan tarif yang lebih rendah daripada tur dan layanan perjalanan yang ditawarkan oleh agen perjalanan yang telah menjadi sangat populer karena sistem bersama mereka.

Bagi mereka yang memiliki semangat perjalanan tinggi dan tertarik untuk memulai bisnis perjalanan terbuka, ini adalah langkah langkahnya:

1. Penentuan target destinasi wisata

Ketika Anda memulai bisnis open trip, Anda yang akan menjadi pemandu wisatanya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui dan memahami berbagai tempat wisata tersebut, misalnya.

Sebagai pemula, Anda bisa memetakan potensi tempat wisata di sekitar kota tempat tinggal Anda. Tentunya tempat wisata tersebut sudah Anda kenal dengan baik.

2. Cari tahu lebih banyak tentang tempat wisata

Anda juga harus memiliki database untuk masing-masing atraksi ini, data kontak pengelola wisata, harga tiket, aturan komunikasi atau administrasi tempat wisata, dan biaya apa pun yang timbul dari sebuah open trip.

3. Buat paket wisata yang menarik

Langkah selanjutnya adalah membuat paket wisata yang menarik dengan harga yang kompetitif. Paket bisa beberapa hari. Semakin lama hari semakin murah harganya.

Paket bisa berupa beberapa destinasi sekaligus dan bisa diskon. Selain itu, karena banyak orang memesan, Anda dapat membelinya dengan harga lebih murah.

Misalnya, Paket Open Day Trip menjelajahi tiga pulau dalam satu hari: Pulau Seribu, Pulau Siber, Pulau Onrust, dan Pulau Killer. Harganya Rp 85.000 per orang tanpa makan siang. Kalau saya makan, harganya Rp 100.000 per orang.

Untuk grup, tersedia opsi harga. Pasti lebih murah daripada per orang. Misalnya, 10 orang membayar 500.000 rupee per orang. 14-16 orang Rp 400.000 per orang, 20-25 orang Rp 350.000.

4. Bangun tim yang kuat

Sulit untuk menjalankan bisnis open trip sendirian, karena ada banyak hal yang harus Anda urus dalam perjalanan. Anda dapat merekrut rekan kerja terdekat, seperti keluarga ataupun sahabat dengan minat yang sama, bangunlah tim yang kuat, dengan begitu membuat bisnis Anda berjalan dengan lancar.

5. Perluas Jaringan Anda

Jaringan atau Networking, merupakan salah satu kunci sukses dalam membangun bisnis, termasuk bisnis open trip. Dengan memiliki banyak pengetahuan dan jaringan membuat bisnis jauh lebih mudah.

Bangun hubungan dengan orang-orang yang berkaitan dengan bisnis open trip, seperti penyedia jasa layanan transportasi, pemilik hotel, layanan penyewaan tenda, restoran, dan banyak lagi.

Tidak hanya memberi Anda akses mudah, tetapi Anda juga mendapatkan tarif lebih rendah dengan jaringan yang bagus.

6. Promosikan Melalui Media Sosial dan Komunitas Travelling.

Bisnis open trip bisa dimulai dengan mempromosikannya ke kerabat dan teman. Anda dapat membuat promosi dari mulut ke mulut di mana mereka menggunakan ljasa bisnis open trip yang anda miliki.

Anda juga dapat menawarkan paket wisata melalui media sosial dan membagikannya kepada grup komunitas travelling atau komunitas backpacker di internet. Dirasa sudah cukup berkembang, anda dapat membuat website yang memberikan informasi lebih lengkap tentang bisnis open trip anda dengan menggunakan konten dan gambar yang menarik.

7. Memberikan Pelayanan Yang Ramah.

Usaha open trip merupakan bisnis jasa yang tentang pelayanan. Inti dari bisnis ini adalah layanan ramah yang akan membuat pelanggan atau pengguna bisnis open trip anda merasa senang dan puas.

Ketika pelanggan puas, mereka akan kembali menggunakan layanan anda. Tetapi begitu mereka kecewa, mereka pasti tidak akan kembali kepada anda. Mereka mungkin memberikan informasi buruk terhadap bisnis open trip anda.

Sebelum memilih jasa open trip, pelanggan biasanya mencari kinerja dan peringkat di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, atau grup komunitas online. Jika Anda memiliki banyak komentar positif, pelanggan tidak akan ragu untuk memilih jasa open trip anda.

Namun, apabila negatif, pelanggan tidak akan menggunakan jasa open trip anda. Mereka akan mencari lagi jasa open trip lainnya.

Demikianlah postingan artikel tentang bisnis jasa open trip.

Jadilah penyedia jasa open trip yang berkualitas, agar para konsumen merasa puas dengan layanan anda.