Teten Masduki: Stasiun KA Diharuskan Menyediakan Lahan Untuk UMKM

Teten Masduki: Stasiun KA Diharuskan Menyediakan Lahan Untuk UMKM

Teten Masduki: Stasiun KA Diharuskan Menyediakan Lahan Untuk UMKM, – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan setidaknya 30% lahan harus disediakan untuk semua infrastruktur publik seperti bandara, stasiun, stasiun, dan halte di pinggir jalan. Atau bangunan untuk pelaku UMKM. Hal ini sesuai dengan kewajiban undang-undang ciptakerja, kata Teten.

“Misalnya ada kedai kopi. Tidak disarankan ada kafe-kafe besar atau bermerek asing, karena cita rasa kedai kopi lokal juga tidak kalah kualitasnya,” kata dalam acara Soft Opening yang diadakan di Stasiun Matraman di Jakarta Timur. Teten mengatakan kepada pers. Pada Minggu (19/6/2022).

Teten menjamin bahwa produk UMKM saat ini memiliki kualitas dan daya saing yang kedua dari merek-merek besar.

Teten menegaskan brand lokal milik UMKM telah membuktikan kemampuannya dalam menggaet pengunjung dalam jumlah besar.

“UMKM bisa menjadi magnet bagi pengunjung,” kata Teten.

Teten mencontohkan M-Bloc di kawasan Blok M Jakarta Selatan hingga pusat perbelanjaan legendaris Sarinah yang bisa eksis dengan menampilkan berbagai produk branded lokal UMKM.

Teten mengatakan, ”Saya kira produk UMKM bisa bersaing asalkan ada banyak peluang dari segi keuangan dan bisnis.”

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyetujui pernyataan Teten Masduki. Menurut Bodhi Kariya, pihaknya telah menugaskan surat khusus kepada Direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk memfasilitasi pelaku UMKM dengan menyediakan lapak di setiap stasiun.

Budi Karya berkata, “Kita perlu mendukung penciptaan ruang dan peluang bagi usaha kecil. Kita perlu menemukan usaha kecil terbaik untuk menempati ruang kerja di setiap stasiun.”

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil (MenKopUKM), Teten Masduki bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan tokoh masyarakat Yenny Wahid saat uji coba peluncuran di Stasiun Matraman, Jakarta Timur, Minggu, 19 Juni 2022.

Selain UMKM, Budi Karya mengingatkan kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat Berkebutuhan Khusus.

Budi Karya mengatakan, “Kita perlu terus meningkatkannya. Sehingga Services Excellence bisa mengakomodasi semua kategori.”

Tokoh masyarakat Yenny Wahid mengingatkan bahwa kualitas layanan transportasi seperti kereta api adalah wajah Indonesia di mata dunia.

“Di banyak negara maju, wisatawan selalu menggunakan moda kereta api untuk bepergian,’ kata Yenny.

Menanggapi hal tersebut, Yenny meminta PT KAI untuk terus meningkatkan pelayanan.

“Kualitas pelayanan kami kedua dari negara maju,” kata Yenny.