Ini Adalah Produk Khas Betawi Terlaris Di Tokopedia

Ini Adalah Produk Khas Betawi Terlaris Di Tokopedia

Ini Adalah Produk Khas Betawi Terlaris Di Tokopedia, – Menurut Tokopedia, banyak produk dan kerajinan Betawi yang laris manis di kuartal II 2022. Sebagian besar produk tersebut dibeli oleh konsumen yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Mengutip siaran pers dari Tokopedia, Rabu (22/6/2022), ada banyak produk terlaris selama periode ini, termasuk pakaian Pangsi, Blangkon Betawi, dan ikat pinggang tradisional Betawi.

Astri Wahyuni, Director of Public Policy and Government Relations Tokopedia, berpendapat tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia, sebuah program yang mendekatkan UMKM dengan pembeli lokal.

Sementara itu, Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati menjelaskan, UKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi melalui platform teknologi terkait perkembangan era digital.

“Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya bisnis beli,” jelas Phiri Farhati.

Salah satu usaha kecil yang didukung oleh Dekranasda DKI Jakarta adalah Dakara Indonesia dan Sancraft. Semua bahan pakaian bertema etnik yang digunakan oleh Dakara Indonesia menggunakan bahan tenun ikat dan lurik.

Sementara itu, pemilik Sancraft, Sanjung Sari Pursie, yang terinspirasi dari karya seniman Jalan Malioboro Yogyakarta, menciptakan totebag dengan ilustrasi buatan sendiri, yang mendapat tanggapan positif dari rekan-rekan.

Kini ikon-ikon ikonik Jakarta seperti Ondel-ondel, Bajaj, dan Bus Kota untuk Tari JaiPong menjadi ilustrasi produk Sancraft.

Sangjun mengatakan, “Seiring berjalannya bisnis, kami terus berinovasi, dan salah satunya dengan menghasilkan produk jenis baru seperti gantungan kunci dan laptop.”

Pandemi menjadi tantangan bagi Sanjung untuk berbisnis, karena penjualan di toko fisik anjlok hingga 50%.

Ia menyimpulkan, “Sancraft bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2020 dan selamat dari wabah serta mampu menarik lebih banyak pelanggan dari seluruh Indonesia.”