KemenKop UKM Mengucapkan Terima Kasih Kepada Kompas.com Atas Kerjasamanya Dalam Memberikan Edukasi Kepada UKM Di Seluruh Indonesia

KemenKop UKM Mengucapkan Terima Kasih Kepada Kompas.com Atas Kerjasamanya Dalam Memberikan Edukasi Kepada UKM Di Seluruh Indonesia

KemenKop UKM Mengucapkan Terima Kasih Kepada Kompas.com Atas Kerjasamanya Dalam Memberikan Edukasi Kepada UKM Di Seluruh Indonesia, – Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi peran sebagai mitra pelatihan pembuatan konten digital bagi pelaku UKM di seluruh Indonesia.

Budi Mostopo, Kepala Biro Komunikasi dan Informatika Kemenkop UKM, mengatakan penting bagi pelaku UKM untuk berubah di era digital saat ini. Salah satunya adalah mengetahui cara membuat konten digital seputar bisnis yang sedang berjalan.

“Mungkin ada banyak produk pesaing dengan kualitas yang sama dengan yang ditawarkan oleh pekerja magang. Namun, keterampilan literasi digital, keterampilan menulis, dan membangun cerita memungkinkan peserta untuk menambahkan nilai lebih pada penawaran dan dengan demikian lebih banyak dari masa lalu.

Terkait hal itu, Budi mengucapkan terima kasih kepada Kompas.com atas materi yang diberikan selama pelatihan untuk mendorong transformasi digital UKM di seluruh Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh tim yang telah meluangkan waktu selama rangkaian kegiatan ini, menempuh perjalanan jauh, dan meninggalkan keluarganya untuk bertemu dengan PLUTers dan UMKM yang membantu mereka. Pengembangan UKM dalam negeri” “.

Kedepannya, Kemenkop UKM berharap dapat terus bekerja sama dengan untuk mengikuti perkembangan era digital dengan meningkatkan kapabilitas para pengelola, konsultan pendamping dan KUMKM dengan bantuan Pusat Layanan Bisnis Terpadu (PLUT). .

Sebelumnya, Kemenkop UKM dan menggelar pelatihan gabungan online dan offline untuk membuat konten digital bagi UMKM dengan bantuan PLUT di seluruh Indonesia.

Sedangkan offline event berlangsung di empat kota yaitu Kendal, Jawa Tengah, Medan, Sumatera Utara, Mataram, NTB dan Ternate di Maluku Utara.

Sementara itu, Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi , mengatakan kemampuan membuat konten untuk platform digital merupakan salah satu kebutuhan UMKM saat ini.

Konten berupa narasi membantu pelaku UMKM memberikan nilai atas produk yang mereka jual.

Wisnu Nugroho menjelaskan: “Konsumen zaman sekarang dalam membeli sesuatu, mereka cenderung berpikir tidak hanya ketika membeli suatu produk, tetapi juga hal-hal lain seperti proses, bahan baku, dll. Penting untuk mencantumkan produk yang dijual .”

Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar penulisan dan cara membuat digital brand serta mengelola konten marketing untuk usaha kecil di media sosial. Ciptakan story telling dan membuat brand engagement melalui interaksi di media sosial. Menentukan kekuatan topik untuk menciptakan story telling dan membuat usaha kecil lebih kompetitif melalui manajemen media sosial.