Jangan Sampai Kamu Termasuk Kedalam Kategori Pengusaha Ini Yah. Berikut 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Pengusaha Pemula

Jangan Sampai Kamu Termasuk Kedalam Kategori Pengusaha Ini Yah. Berikut 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Pengusaha Pemula

Jangan Sampai Kamu Termasuk Kedalam Kategori Pengusaha Ini Yah. Berikut 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Pengusaha Pemula, – Sebagian orang cenderung ingin memiliki usaha sebagai sumber penghasilan. Pilihan usaha pun banyak yang bisa dirintis seperti kuliner, mainan, dan lainnya.

Dengan perkembangan teknologi, jenis usaha pun bisa semakin bervariasi. Dengan begitu, usaha pun bisa terbantu.

Nah, untuk memulai bisnis tentu harus punya strategi tersendiri. Entah usaha yang dirintis sendiri maupun berkelompok.

Dalam menjalankan usaha pun tak lepas dari hambatan dan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan pun bisa dijadikan evaluasi untuk mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik.

Lalu apa saja kesalahan paling umum yang biasa dilakukan beberapa pengusaha pemula dalam memulai bisnisnya? Berikut kesalahan-kesalahan pengusaha baru dalam menjalankan bisnis :

1. Kurang Komitmen

Di awal memulai usaha tentu tak mudah. Rintangan-rintangan pun pasti akan selalu muncul.

Kesalahan pertama yang biasa dilakukan oleh pengusaha pemula adalah kurangnya komitmen. Komitmen sendiri sangat penting dalam menjalankan usaha.

Dengan komitmen yang kuat, pengusaha pun akan punya energi yang besar. Ya, energi tersebut akan digunakan untuk mengatasi hambatan yang terjadi di fase awal setiap usaha.

2. Banyak Ide No Action

Dalam menjalankan usaha, ide sangat dibutuhkan untuk pengembangan bisnis. Namun, ide tersebut akan sia-sia saat tak dijalankan alias no action.

Membahas ide memang penting untuk dilakukan sebelum dieksekusi. Namun, menjalankan ide yang telah dibahas jauh lebih penting untuk dilakukan.

3. Model Bisnis

Peran model bisnis di setiap jenis usaha penting diperhatikan. Di lapangan, sering kali pengusaha baru terlalu fokus pada rencana bisnis.

Kesuksesan bisnis nantinya akan bergantung kepada model bisnis yang menghubungkan semua kebutuhan dan tujuan bisnis.

4. Produk vs Penjualan

Fokus pada produk atau layanan daripada target penjualan adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengusaha baru.

Ada baiknya setiap pengusaha pemula juga fokus kepada strategi penjualan. Cari tahu dan teliti apa yang diinginkan pasar untuk kemudian membangun produk atau layanan kita.

5. Manajemen Uang

Tantangan utama para pengusaha pemula adalah pengelolaan arus kas. Seringkali, pemasukan dari usaha dicampur adukkan dengan kas pribadi.

Tertib dan disiplin dalam mengelola arus kas adalah kunci untuk menjaga keuangan usaha yang dijalankan. Jangan sampai mencampurkan dana pribadi dan dana perusahaan.